PROSES MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA (NUSANTARA)

MUQADDIMAH

Dalam kajian ilmu sejarah, tentang masuknya Islam di Indonesia masih “debatable”. Oleh karena itu perlu ada penjelasan lenih dahulu tentang penegrtian “masuk”, antara lain:

  1. Dalam arti sentuhan (ada hubungan dan ada pemukiman Muslim).
  2. Dalam arti sudah berkembang adanya komunitas masyarakat Islam.
  3. Dalam arti sudah berdiri Islamic State (Negara/kerajaan Islam).

Selain itu juga masing-masing pendapat penggunakan berbagai sumber, baik dari arkeologi, beberapa tulisan dari sumber barat, dan timur. Disamping jiga berkembang dari sudut pandang Eropa Sentrisme dan Indonesia Sentrisme.

Beberapa Pendapat Tentang Awal Masuknya Islam di Indonesia.

  1. Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 7:
    1. Seminar masuknya islam di Indonesia (di Aceh), sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Arab Muslim di pantai timur Sumatera.
    2. Dari Harry W. Hazard dalam Atlas of Islamic History (1954), diterangkan bahwa kaum Muslimin masuk ke Indonesia pada abad ke-7 M yang dilakukan oleh para pedagang muslim yang selalu singgah di sumatera dalam perjalannya ke China.
    3. Dari Gerini dalam Futher India and Indo-Malay Archipelago, di dalamnya menjelaskan bahwa kaum Muslimin sudah ada di kawasan India, Indonesia, dan Malaya antara tahun 606-699 M.
    4. Prof. Sayed Naguib Al Attas dalam Preliminary Statemate on General Theory of Islamization of Malay-Indonesian Archipelago (1969), di dalamnya mengungkapkan bahwa kaum muslimin sudah ada di kepulauan Malaya-Indonesia pada 672 M.
    5. Prof. Sayed Qodratullah Fatimy dalam Islam comes to Malaysia mengungkapkan bahwa pada tahun 674 M. kaum Muslimin Arab telah masuk ke Malaya.
    6. Prof. S. muhammmad Huseyn Nainar, dalam makalah ceramahnay berjudul Islam di India dan hubungannya dengan Indonesia, menyatakan bahwa beberapa sumber tertulis menerangkan kaum Muslimin India pada tahun 687 sudah ada hubungan dengan kaum muslimin Indonesia.
    7. W.P. Groeneveld dalam Historical Notes on Indonesia and Malaya Compiled From Chinese sources, menjelaskan bahwa pada Hikayat Dinasti T’ang memberitahukan adanya Aarb muslim berkunjung ke Holing (Kalingga, tahun 674). (Ta Shih = Arab Muslim).
    8. T.W. Arnold dalam buku The Preching of Islam a History of The Propagation of The Moslem Faith, menjelaskan bahwa Islam datang dari Arab ke Indonesia pada tahun 1 Hijriyah (Abad 7 M).
  1. Islam Masuk Ke Indonesia pada Abad ke-11:
    1. Satu-satunya sumber ini adalah diketemukannya makam panjang di daerah Leran Manyar, Gresik, yaitu makam Fatimah Binti Maimoon dan rombongannya. Pada makam itu terdapat prasati huruf Arab Riq’ah yang berangka tahun (dimasehikan 1082)
  2. Islam Masuk Ke Indonesia Pada Abad Ke-13:
    1. Catatan perjalanan marcopolo, menyatakan bahwa ia menjumpai adanya kerajaan Islam Ferlec (mungkin Peureulack) di aceh, pada tahun 1292 M.
    2. K.F.H. van Langen, berdasarkan berita China telah menyebut adanya kerajaan Pase (mungkin Pasai) di aceh pada 1298 M.
    3. J.P. Moquette dalam De Grafsteen te Pase en Grisse Vergeleken Met Dergelijk Monumenten uit hindoesten, menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13.
    4. Beberapa sarjana barat seperti R.A Kern; C. Snouck Hurgronje; dan Schrieke, lebih cenderung menyimpulkan bahwa Islam masuk ke Indonesia pada abad ke-13, berdasarkan saudah adanya beberapa kerajaaan islam di kawasan Indonesia.

Siapakah Pembawa Islam ke Indonesia?

Sebelum pengaruh islam masuk ke Indonesia, di kawasan ini sudah terdapat kontak-kontak dagang, baik dari Arab, Persia, India dan China. Islam secara akomodatif, akulturasi, dan sinkretis merasuk dan punya pengaruh di arab, Persia, India dan China. Melalui perdagangan itulah Islam masuk ke kawasan Indonesia. Dengan demikian bangsa Arab, Persia, India dan china punya nadil melancarkan perkembangan islam di kawasan Indonesia.

Gujarat (India)

Pedagang islam dari Gujarat, menyebarkan Islam dengan bukti-bukti antar lain:

  1. ukiran batu nisan gaya Gujarat.
  2. Adat istiadat dan budaya India islam.

Persia

Para pedagang Persia menyebarkan Islam dengan beberapa bukti antar lain:

  1. Gelar “Syah” bagi raja-raja di Indonesia.
  2. Pengaruh aliran “Wihdatul Wujud” (Syeh Siti Jenar).
  3. Pengaruh madzab Syi’ah (Tabut Hasan dan Husen).

Arab

Para pedagang Arab banyak menetap di pantai-pantai kepulauan Indonesia, dengan bukti antara lain:

  1. Menurut al Mas’udi pada tahun 916 telah berjumpa Komunitas Arab dari Oman, Hidramaut, Basrah, dan Bahrein untuk menyebarkan islam di lingkungannya, sekitar Sumatra, Jawa, dan Malaka.
  2. munculnya nama “kampong Arab” dan tradisi Arab di lingkungan masyarakat, yang banyak mengenalkan islam.

China

Para pedagang dan angkatan laut China (Ma Huan, Laksamana Cheng Ho/Dampo awan ?), mengenalkan islam di pantai dan pedalaman Jawa dan sumatera, dengan bukti antar lain :

  1. Gedung Batu di semarang (masjid gaya China).
  2. Beberapa makam China muslim.
  3. Beberapa wali yang dimungkinkan keturunan China.

Dari beberapa bangsa yang membawa Islam ke Indonesia pada umumnya menggunakan pendekatan cultural, sehingga terjadi dialog budaya dan pergaulan social yang penuh toleransi (Umar kayam:1989)

Proses Awal Penyebaran Islam di Indonesia

1. Perdagangan dan Perkawinan

Dengan menunggu angina muson (6 bulan), pedagang mengadakan perkawinan dengan penduduk asli. Dari perkawinan itulah terjadi interaksi social yang menghantarkan Islam berkembang (masyarakat Islam).

2. Pembentukan masyarakat Islam dari tingkat ‘bawah’ dari rakyat lapisan bawah, kemudian berpengaruh ke kaum birokrat (J.C. Van Leur).

3. Gerakan Dakwah, melalui dua jalur yaitau:

a. Ulama keliling menyebarkan agama Islam (dengan pendekatan Akulturasi dan Sinkretisasi/lambing-lambang budaya).

b. Pendidikan pesantren (ngasu ilmu/perigi/sumur), melalui lembaga/sisitem pendidikan Pondok Pesantren, Kyai sebagai pemimpin, dan santri sebagai murid.

Dari ketiga model perkembangan Islam itu, secara relitas Islam sangat diminati dan cepat berkembang di Indonesia. Meskipun demikian, intensitas pemahaman dan aktualisasi keberagman islam bervariasi menurut kemampuan masyarakat dalam mencernanya.

Ditemukan dalam sejarah, bahwa komunitas pesantrean lebih intens keberagamannya, dan memiliki hubungan komunikasi “ukhuwah” (persaudaraan/ikatan darah dan agama) yang kuat. Proses terjadinya hubungan “ukhuwah” itu menunjukkan bahwa dunia pesantren memiliki komunikasi dan kemudian menjadi tulang punggung dalam melawan colonial.

disampaikan pada kuliah sejarah Indonesia abad 16-18 

About these ads

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

210 responses to “PROSES MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA (NUSANTARA)”

  1. Guest Jo says :

    Salam kenal sekali lagi ya, ini weblog br dibikin 3bln udah banyak banget postingannya tapi kalo boleh saran nih mana analisa dr kamu.
    Katanya anak sejarah ga cuma pintar observasi n heuristik doang tp juga interprestasi n historiografi hrs jago juga dong…he..he.. sori cuma bisa koment doang ka2k sendiri masih kalah jauh dr adik.

    Seorang pelatih sepakbola klub Notre Dam (tentu anda belum tau), Lou Holtz pernah berkata,” kita semua sudah dikatakan dan dilakukan ternyata lebih banyak yang dikatakan daripada yang dilakukan”. Semua itu terkumpul menjadi ceramah yang mempesona, brosur yang mengkilat, iklan yang menarik, Video teknologi tinggi, rayuan yang meyakinkan, slogan memikat, rencana strategis dan laporan tahunan yang menggagumkan, tindakan pelayanan dan kualitas yang terbaik dilakukan namun hasilnya biasa saja yakni mengedepankan kedangkalan daripada kedalaman.

  2. sejarawan says :

    penulisan sejarah sendiri khan ada dua, penulisan deskriptif naratif dangan deskriptif analisis. penulisan deksriptif naratif khan sama seperti yang kutulis di atas atau seperti buku pelajaran sekolah khan tidak perlu adanya analisis.tulisannya tentu berbeda denmgan deskriptif analisis.

    memnag seorang sejarawan bukanlah seorang ahli retorika,sehingga perlu melakukan penelitian dan kritikan atau interpretasi.
    saya kurang setuju dengan penggunaan kedangkalan tulisan, tetapi menurut saya tulisan sejarah adalah kedalaman dan keluasan tulisan. kedalamn tulisan seperti tulisannya sartono Kartodirdjo, sedangkan keluasan tulisan adalah sorot sejarah dalam waktu yang lama seperti tulisannya ricklef (sejarah Indonesia modern) waktunya khan terlalu panjang 1200-2004.

    yang jelas kita harus berbeda!,dengan yang lain
    tidak begitu kok sampeyan khan udah lulus tentunya lebih ahli daripada saya.
    terima ksih atas komenna,sehingga kita dapat terus diskusi

  3. benny herlambang says :

    bagus mas tulisannya, setidaknya bagi saya ini merupakan tambahan referensi dalam menyusuri sejarah.

  4. nurli says :

    ass. mw minta ijin nih bwt minta artikelnya.,,blh kan?
    bwt tambahan referensi tugas nih.

  5. madha says :

    permisi bos.saya mahasiswa arkeologi 05..minta ijin minta artikel ini buat referensi kuliah..boleh kan???thanks be4..

  6. eta ok says :

    artikelnya kok cuma segini……….masih kurang donk,bagi kami kalangan mahasiswa yang baru belajar sejarah. masuk sejarah karena coba-coba.

  7. vermouth says :

    wah..wah…kerrrrenzz yo….minta artikelnya blh donk….boleh yaaa……thankz..
    tapi saya pengen tahu lebih detail tentang kondisi ajaran islam sendiri ktk msk k indo..jelasin dong..

  8. vermouth says :

    ehhh… sek..sek ternyata iki mau kang tanaya to…we e,kirain sopo.yo wis salam kenal tuk yg kedua kalinya yo..thankz tas ilmunya

  9. sejarawan says :

    vermouth itu sapa?kenal aku,po?
    kenalan donk!

    • yozzi says :

      hai…………………………………………………..
      how are you to day.
      Namaku Yozzi…………………………..
      kamu siapa

      • Mamamia says :

        Sblumnya mnta mf,kl sy lncang reply km. Aq cm pnsaran apa ni yozzi tmen lma saya a bukan. Skl lg aq mnt mf klo slah. Thank’s

  10. Dina says :

    klo boleh saran nih … tambahin pict nya dunk biar lebih ok…

  11. Dina says :

    Bagus ya tulisannya… hebat… tpiii kalo boleh kasih saran tambahin pict makam-makamnya dunk… biar lebih ok…

  12. newrul says :

    ada nggak sich perbedaan ajaran islam dari arab,india dan persia.kalo ada, apa???

  13. madiumig33 says :

    Menurut saya artikel yang ditulis diatas sudah lumayan bagus dan bahkan bagus karena orang awam seperti saya cukup dengan gambaran seperti di atas akirnya bisa tau asal mula sejarahnya islam masuk di indonesia karena, kalo di lengkapi lagi mungkin juga tidak mubadir, blog yang bagus salut deh sm yang punya karena masih mau membuat blog blog yang bernuansa sejarah apa lagi sejarah islam, soalnya jarang sekali blog blog yang aq kunjungi gak jarang sekali menemukan blog yang mengulas masalah sejarah, paling pol masalah cinta

    • marto says :

      memang bnr kalau di pikir-pikir si memang agak sulit juga komunikasinya orang jaman dulu, tapi kenyataannya semuanya sudah terjadi n terlewati. sehingga saya cuma mau bilang satu hal bahwa itulah hebatnya orang jaman dulu, mereka hidup dengan segala kekurangan tetapi dapat menyelesaikan segala urusannya.

  14. Ria says :

    Q leh ambil artikel ri sini kan????

  15. asih says :

    hmm, sejauh yang saya pelajari dulu, agama islam masuknya abad 7, terus berkembang dan dikenal sekitar abad 13.
    btw, kalau wayang (terutama wayng kulit) muncul sekitar tahun berapa ya?

  16. ana says :

    saya senanga membaca informasi ini jadinya pengetahuan saya bertambah tapi sayangnya saya belum tahu dengan cara seperti apakah islam lebih mudah masuknya di indonesia?

  17. goodhell says :

    smuanya kyknya dah ckup jlas…. cm da hal yg blom prnah sya tmuin di blog atw bku mnapun yg prnah sya baca, yaitu bgmana msyarakat jman dlu b’komunikasi. bkankah bhasanya b’beda? trus bgaimna cra mreka bdagang, atw mnyiarkan agama? bgaimna bsa mreka t’tarik ma ajaran agama yg dbwa pra ulama? pdahal kan jaman dulu g da tempat les y?trus jga blom da program p’tukaran pelajar.. nah bwt njenengan yg mau repot2 njawab prtanyaan sya ni, sya sngat btrimakasih skali……… abis, gru saya ja jg jd bingung dg prtanyaan saya….. hehehe.. skali lagi terimakasih

    • Fahri says :

      Mungkin mang jaman dulu gug da pertukaran pelajar tpi mungkin mreka blajar dri RASULULLAH n bagus artikel nya

    • Fahri says :

      Owh y tuk good hel bleh bgi no hp nya w pengen tanya2 nie.
      Ni no gw 085885434330

      • sejarawan says :

        lewat internet aja dulu,say juga msih perlu banyak belajar,dari mana,dan jurusan apa?

    • Lupy says :

      Orang jman dlu emang gak mngenal satu sma laen,tp mlalui al-quran & Rasullulah lah islam bisa mnyabar,dan d dlm al-quran ada sna d ktakan bahwa allah mnciptakan mahluknya yg berbeda-beda,,,,,dan kita harus bisa mngenalnya stu sma laen………….tpslanjutnya tnya aja ma ustadz nya……….
      hehehe…………………..

  18. say says :

    ok…………!!!!!!!!!!!!!

  19. handsome_ardine says :

    jelez mantabz zekaleeeee………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  20. mashuri says :

    Assalamu’alaikum…….
    gmana kbrnya ukhtiii….

  21. mashuri says :

    jELas, padat, n g’ meRagUkan………..

  22. shinta says :

    Lam kenal mb hehehe…….

  23. shinta says :

    gooooooood……………..ditambah lagi yaw?

  24. zu_lyzty says :

    alowwwwww

  25. ALI WAHYUDIEN says :

    GOOD

  26. gUZ says :

    BAGUSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS !!!

  27. ammank says :

    TeMpoe DoeLoe LenGkaP keRen. toP daFtaR gooGLE!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  28. PANJI says :

    WAH KERN BAGNETTTTTTTTTTTTTT TAMBUAH CIEK , HORASSS,ASSALAMUALAIKUM.THANKS

  29. PANJI says :

    MUDAH-MUDAHAN BERMANFAAT BAGI ORANG YANG MEMBACANYA TOLONG LIBIH DITINJAU LAGI.

  30. PANJI says :

    SUDAHDULU POKOKNYA MUANTEPPPPPPPPPPPPPPPP.!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! bana ambo dari solok sumatra barat kirimsalam,dah,assalamualaikum.

  31. ZZZ says :

    good!!!!
    cerent begete!!!!

  32. ADITA says :

    kurang lengkap mas…

  33. mEgA_rIyStIy_AbZkCa says :

    aku mauh bilang makcacih bgggggggggt coz aquw bisza ngerjza’in tugasz dgan bantuan kaliyan N truszzz tingkatin yaaa!

  34. enis says :

    mnta artikelny agy dumss!!
    mw bwt tugas skul neh..
    ok???

  35. anie says :

    assalamualaikum wr. wb. tulisannya keren abies!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    buat Panji boleh kenalan g? Soalnya awak urang padang juo!

  36. mookz says :

    meragukan sekali…

  37. mookz says :

    baca juga serat dharmoghandul…

  38. mahesa says :

    izin minta artikelnya ya
    buat tambahan tugas

  39. tia says :

    askum moga ja lbh baik ringkasanx

  40. tia says :

    askum q ingin ringkasan u

  41. changcut rangers says :

    mmmaaannnttteeeppp dddaaahhh!!!!

  42. Laily N.Z says :

    SipZzz d4ch. Syank na kurank gambar

  43. syaflina humairA says :

    terima kasih…atas tulisanya.jadi tambah pengetahuan…berarti distorsi untuk pelajaran sejarah anak SD. gimana donk… ?

  44. m.arifin says :

    ringkasan anda sudah cukup lengkap tp alngkah lebihh baiknyna anda juga mencantumkan peranan wali sanga dengan peranan penjajah secara ringkAS,Padat, dan jelas .
    DAN trimakasih atas gambaran sejarah yang anda tulis.

  45. elsa says :

    Kayaknya ringkasan anda kurang lengkap deh, , aku sebagai pelajar mohon agar diperlengkap untuk mempermudah aku n tmen2 yang laen bisa belajar dari situs ini….

    thanks ats informasinya yang tlah ada ni…

  46. rini says :

    yang komplit atuh buu abi peryogi psan.

  47. orang awam says :

    sejauh yang saya ketahui tentang sejarah masuknya islam di Nusantara adalah pada abad ke 7 dan berkembangnya itu pada abad ke 13. nah…berkembangnya ini di tiap daerah tidaklah sama.
    kalo ingin tw banget tentang sejarah Nusantara,
    anda baca saja buku Sejarah Nasional Indonesia
    buku itu dkelompokkan dalam 6 jilid.
    jilid pertama mengenai prasejarah
    jilid kedua mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara
    jilid ketiga tentang masuknya islam ke Nusantara.
    mav kalo dalam kata-kata saya ada yang salah dan juga dalam pemberian informasinya , mohon dimaklumi.

    mas sejarawan!
    saya salut dengan anda. Anda hebat dalam mengelompokkan tiap data-datanya, luar biasa……
    salam super!!!!!!!!

    • sejarawan says :

      terima kasih, untuk buku sejarah nasional indonesia(SNI) merupakan buku babon untuk menulis sejaerah Indonesia, namun sampai saat ini belum ada buku baru lagi tentang sejarah Indonesia

  48. orang awam says :

    mas sejarawan saya take artikelnya y…
    mohon di mav kan,ok

  49. adel says :

    hebat banget deh poko’e….
    ditambah lagi ya…
    biar bisa lebih ngerti about agama..!!!
    cayo..

  50. santos sda says :

    saya mohon agar ditkpilkan materi hikmah perkembangan islam di indonesia

  51. arifin says :

    artikelya apik mas
    pi lo’ q blh usul
    gmn lo’ tiap sjrh yg di ulas tu
    ga cm dr satu versi
    mksh

  52. VobySca says :

    tHaNk YaH… ArTiKeLna CuKuP LenGkaP KoQ……………….

  53. rizal says :

    Assalamualaikum…
    klo boleh bertanya… pernahkah ada analisa tentang bagaimana para pendakwah/pedagang muslim menentukan daerah tempat mereka akan singgah..apa motif nya? apa karena daerah perdagangan atau daerah penghasil ( misalnya cengkeh dan pala) soalnya di tempat saya, terdapat sebuah masjid ( Masjid Wapaue ) yang didirikan tahun 1414, logikanya berarti sebelumnya sudah ada orang muslim, sehingga masjid harus didirikan karena kebutuhan beribadah…

  54. newdhack says :

    ijin minta artikelnya ya!!!!

  55. ADIN says :

    MAssss…
    boleh ya,, aq jadiin bahan refrensi….

  56. sugeng waluyo says :

    tolong diperbaharui cara penulisannya.tp q suka karyanya…sukses….

  57. sanTi says :

    asaH kEsaTI.eN Qie pYE thA . . . . .

  58. farid says :

    saya sngt suka dg perkmbangan islam d INA karena dg kt mngetahui sejarahnya kita akan lbh memahami islam

  59. farid says :

    saya ingi sejarah yang lebih dalam dan kalo bs secara ter perinci dan jelas walaupun hanya garis besarnya saja

  60. ulva umi salamah says :

    terimakasih …….yah ats artikel’a
    ini sangat membantu saya dalam ilmu pengetahuan dan dalam hal pendidikan …….

  61. read-one says :

    pak sejarawan tolong minta artikel tentang pengaruh islamisasi di pulau jawa terhadap keruntuhan kerajaan majapahit. kayaknya bagus tuh ulasannya, soalnya kita kadang melupakan knapa bs runtuh…

  62. novri says :

    tujuan islam masuk ke indonesia apaan c?????????dan tujuannya?????????

  63. Farizah Rizka says :

    wahh.. keren banget !!
    nie sangat mambantuku ngerjain tugas..

  64. achmad halimi hasyim says :

    hebat, boz. Trims. Andai daftar pustakanya ada, tentu makin dasyat…

  65. adisuseno says :

    tulisannya kaya akan data dan teori. cukup menantang buat referensi, hehehe.
    kalau bisa diposting lagi dong masukny Islam dari jalur dakwah. khususny dari pesantren. seperti pesantren pertama di Indonesia, siapa yang diriin. ato mgkn ada gak jlur-jlur lain ?
    hehehe, bnyk mintanya ya ? sory
    sukes selalu

  66. Nurjanah says :

    isi tulisannya bagus, tapi kurang banyak.
    kalo bs proses masuknya Islam tiap daerah jga dibuat.

  67. jaifullah says :

    aku mau dong di mnta sejarah ttng masuknya islam di indnsia

  68. akbar says :

    tulisannya bagus, tp kalonya bisa sejarah Islam masuk keseluruh pelosok kota/pulau di Indonesia.!!

  69. akbar says :

    kalonya bisa sejarah Islam masuk keseluruh pelosok kota/pulau di Indonesia.!!

  70. ivan fernando says :

    sdh bgs tpi sebaikx dbkin petaxs jg!!!!!!!!!!

  71. mr.x says :

    apik tenan,

  72. cemeng says :

    kurang ringkas,padt,dan jelas

  73. dedekusn says :

    Postingan lama yg ga akan pernah basi, terima kasih, sy sedang mencari ini. Salam kenal & SUkses

  74. imam hidayat says :

    Udah bagus si udah,….tapi, penguasaan pengetikan/penulisan kata2nya banyak yg belum efektif…….
    diantaranya yg harusnya LEBIH ditulis LENIH, YAITU ditulis YAITAU, JUGA ditulis JIGA, ARAB ditulis AARB, PERJALANANYA ditulis PERJALANNYA, REALITAS ditulis RELITAS………….
    jika nggak percaya, bacalah sampai akhir pasti ada yg salah penulisan……………..

    BY : IMAM
    DI : SMPN 01 WIRADESA, PEKALONGAN

    thanks…..very much…..

  75. MELINDA says :

    putri?/////////////////

  76. yozzi says :

    hai sob…………………………………………………..

    gimana caranya supaya kita selalu shalat tepat waktu ?????????????????????????????????????????????

    • Roshina says :

      Aslm, Semoga bisa membantu:

      1. MengUTAMAkan Sholat daripada kerjaan yg lain,
      2. Mengerti dan Khusu saat Sholat hingga terasa dekat dengan Allah SWT,
      3. Tidak menunda-nunda waktu Sholat,

      sekiranya :)

  77. ipink mertodjoyo says :

    kgmn menurut anda2 ttg keberadaan kerajaan demak?

  78. ipink mertodjoyo says :

    aqmsh bgg dg kebradaan kerajaan islam sekarang….

  79. zhain.r says :

    terima kasih

  80. GALIH RENO says :

    BAGUSSSSSSSSSSSSSSSSSSS!!!!!!!!!!!!!

  81. T. Bustamam says :

    Menurut saya Tabut Hasan dan Husein (pengaruh Syi’ah) tidak bisa dijadikan sebagai bukti masuknya Islam oleh pedagang-pedagang Persia, dengan alasan sbb. :

    1. Masuknya budaya tabut Syi’ah tersebut adalah pada zaman penjajahan Inggris di Bengkulu yang dibawa oleh serdadu-serdadu kolonial Inggris yang brasal dari Hindia Muka (India + Pakistan + Bangladesh) dan tidaklah dibawa oleh orang-orang Persia. Namun, tidak tertutup kemungkinan oleh orang-orang India turunan Persia.
    2. Inggris bercokol di Bengkulu dari penghujung abad ke 17 s/d Traktat London (Thn 1824).
    3. Dari Bengkulu budaya ini hanya menyebar ke Pariaman (Sum-Bar) .
    ————–
    Ada bukti lain masuknya Islam Ke Nusantara yakni Chinese Annlas) pada abad ke 8 atau ke 9 (maaf saya lupa tahunnya) Kerajaan Melayu mengirimkan 2 (dua) orang utusan ke China yang nama-namanya diindikasikan nama-nama muslim. Mengenai Chinese Annals terkait saya baca di salah satu buku Perpustakaan British Council, Koln, Jerman beberapa puluh tahun yang lalu. Sebagai sejarawan tentu anda gampang untuk menelusurinya.

  82. djamzz says :

    huftttttttttttttttttttttttttttttttttttttttttt

    ternyata msh jga nglebar kemana-mana penjelasanya………………:)

  83. irman says :

    lalier berita tehhh

  84. AZMI says :

    q mo tnya,,,islam masuk ke indonesia tgl berapa yah..?

  85. zulham says :

    islam adalah agama rahmatan lil alamin bagi sekalian alam.

  86. paewa says :

    mantappp….

  87. maiia says :

    mo tanya niih ,,
    apa perbedaan perjuangan sebelum dan sesudah perjuangan abad ke-19 ampe abad 20

  88. Hartono says :

    makasih mas atas artikelnya
    numpang kopi

  89. AnnA says :

    JELEKKKKK,,,,

  90. Niar Dinata says :

    makasih ^_~

  91. Reni Pasundan says :

    Numpang nambahin doank…:)
    Islam sudah masuk ke Indonesia melalui kerajaan Sriwijaya pd tahun 718M yg dibuktikan dgn yg dikirim oleh Maharaja Srindrawarman, raja yg berkuasa saat itu kpd Khalifah Umar bin Abdul Aziz yg berisi permintaan agar Kahalifah mengirimkan seorang Da’i untuk mengajarkan Islam kepadanya.

  92. Reni Pasundan says :

    Numpang nambahin doank…:)
    Islam sudah masuk ke Indonesia melalui kerajaan Sriwijaya pd tahun 718M yg dibuktikan dgn surat yg dikirim oleh Maharaja Srindrawarman, raja yg berkuasa saat itu kpd Khalifah Umar bin Abdul Aziz yg berisi permintaan agar Khalifah mengirimkan seorang Da’i untuk mengajarkan Islam kepadanya.

  93. rangga says :

    islam masuk ke dieng kapan?terima kasih atas jawabannya

  94. deviska permata sari says :

    terimaaaaaaaa kasihhhhh tas info y numpang copypaste yyyyy

  95. rizky says :

    haha gan numpang ambil artikelnya yah
    ane lagi ada tugas nih hehe
    makasih:)

  96. hm sidik says :

    wah lumayan juga mana teori kedatangan islam yang katanya zaman khulafaur rasyidin sudah ada

  97. CITRA says :

    KEREN MENT

  98. alhamdulillah.... says :

    ayo ikutan program ini …semoga anda menjadi orang pertyama yang beruntung…

  99. susi sari says :

    WWWWWWWWWAAAAAAAAAWWWWWWWWW IT’S VERY GOOD

  100. Indra says :

    perfect but stink ^_^

  101. nanda says :

    q puazzzzzzzzz . . . . . . thank you . . . tp klok dpt y lbh lngkp lg donk . . .

  102. Rifko says :

    Mau tanya
    kalau tokoh penerima islam itu siapa???

  103. moch subekhan says :

    ok banget tulisannya terusin donk ampai islam bisa menjadi agama mayoritas pend indo, gimana ceritanya kok bisa

  104. Dyan says :

    Kunjungi blogku yaa,..

  105. sari says :

    sejarah isam harus di ketahui oeh banyak orang
    karena islam itu agama yg benar

  106. Naufal says :

    makasih akhirnya bisa selesain tugas SKI hehehe…
    makasih yaa..

  107. ibet says :

    :’) :P

  108. kartika says :

    trima kasih tlah mmbntu saya mngrjakan tugas saya,,,,,,,,,,,,,,,
    dengan adanya artikel ini bisa mmbntu saya…………….

  109. Alif Cemara Lagii says :

    sejarah msauknya islam di indonesia

  110. Alif Cemara Lagii says :

    sejarah masuknya islam di indonesia

  111. mentari says :

    terimakasih atas penjelesan”y, mdh-mdhan bermanfaat bagi kita semua…

  112. pleaseyeeeah! says :

    Bagus mas artikel-nya. Tapi kurang lengkap sama apa yang dibutuhkan.

  113. yuni says :

    blog yang bagus

  114. opung(orang plg unggul) says :

    he proo..
    bro sejarawan…
    kata buk guru proses masuknya islam ke indonesia itu sgt byk…
    ini membingungkan kepala saya
    krn wktu saya tanya kuq jwban a sama semua..
    -perdagangan
    -perkawinan
    -hubungan diplomatik,n
    -interaksi/kontak bicara
    antara musafir ataupun turis islam dgn masyarakat indon…

  115. aprilia hilde says :

    jd, bagaimana keadaan sosial budaya masyarakatnya pd saat msa kedatangan islam?

  116. rikha says :

    thank u ka’

  117. Rahmat chayank Susan says :

    menurut pendapat saya

    islam masuk k nusantara tuch melalui jalur perdagangan,sebab para pedangang umumnya berasal dari persia,india,dan arab.
    dng bgitulah para pedangang saling berinteraksi dng para penduduk pri bumi.tetapi walaupun begitu para pedangan umumnya hanya untuk berdagang bukan untk ber poltk.
    tetapi ada salah satu faktor bahwa penduduk pri bumi langsung mempercayai agama islam adlh agama yg benar,sebab di agama islam tdk mengenal “kasta”dlm agama islam semua mahluk sama,yg membedaka hanya amal

  118. seinuddin pohan says :

    assalamualaikum . apakah ada yg lebih detail proses masuk nya islam di indonesia ???

  119. seinuddin pohan says :

    mohon bantuannya ya …..

  120. hanhan19 says :

    saya izin copy buat tugas agama ya ^^ makasih sebelumnya

  121. Marvel says :

    aduh ini kurang lengkap gan -___- tapi gpp. itu udah cukup… MANTAP

  122. don's says :

    salam kenal dari don’s,
    kalo bisa koleksi-koleksi sejaarah tentang islamnya di perlengkap lagi mas,,,,
    biar kami-kami bisa lebih banyak tau lagi tentang sejarah-sejarah islam,,,,

  123. endang rusmana says :

    utuk menambah wawasan sejarah dan agama kami ucapkan banyak terimakasih ..

  124. ego says :

    ohm ada perkembangan islam di abad 14 sampai 21 ga?

  125. Maya says :

    Saya suka pelajaran ini sebab ini ada lh kisah nya islam ,saya kan islam

  126. erwin says :

    bused ditulis awal tahun 2008 masih dikomen akhir 2011 informasinya bagus mas, simpel tapi meliputi.. Thx.. Sangat membantu..

  127. Mr.X says :

    UNtuk tUgaS baGUs niH tHanKS YAaa

  128. jihan says :

    asik2 ajanee

  129. Nanda Part II says :

    Tolong minta jawaban untuk ugas di sekolah

  130. Nanda Part II says :

    Tolong minta jawaban untuk tugas di sekolah

  131. aydil says :

    assalamah,,,,,,,,
    saalam ukhuwah,,, ada prasasti di pulau banda,indonesia yang mnjlaskn bhwa sbnarnya agma islam itu lbh awalmsuk dr daerah timur indonesia…. bgmna pndpat
    anda??????

  132. aydil says :

    jgn lupa di balas yyy……. n mohon pnjlsannya……. makasih,,,,

  133. Salsabila says :

    Makasih :)
    Jadi mudah mengerjakan soalnya

  134. Salsabila says :

    Tambah lagi penjelasannya kayaknya kurang
    buat tambah referensi

  135. Salsabila says :

    Mantap :D

  136. ibnu says :

    izin kutip buat perbandingan pendapat..

  137. Nieza says :

    mau tanYa niih ,,,
    sebeLum Islam masuk Indonesia, kondisi masyarakat Indonesia itu seperti apa???
    agama apa saja yang dianut??? pokoknya keadaanna deh bgemana???

  138. al-hadi says :

    asslamualaikumwr,….
    aku dapat tugas masuknya islam di indonesia pada masa rintisan ni,,.,,
    pake artikel ne boleh n bner gak ya,…..
    sukron all….

  139. restu dewi demokratika arum says :

    bagus .. :D

  140. ivan says :

    mau tanya. Bagaimana sih rute perdagangan bangsa arab ke indonesia untuk menyebarkan agama islam ? Terima kasih atas jawabannya.

  141. Ruth evellyne says :

    i like it

  142. annafikpertama says :

    Dalam kajian ilmu sejarah, tentang masuknya Islam di Indonesia masih “debatable”. Oleh karena itu perlu ada penjelasan lebih dahulu tentang pengertian “masuk”, antara lain:

    1. Dalam arti sentuhan (ada hubungan dan ada pemukiman Muslim).

    2. Dalam arti sudah berkembang adanya komunitas masyarakat Islam.

    3. Dalam arti sudah berdiri Islamic State (Negara/kerajaan Islam).

    Selain itu juga masing-masing pendapat penggunakan berbagai sumber, baik dari arkeologi, beberapa tulisan dari sumber barat, dan timur. Disamping jiga berkembang dari sudut pandang Eropa Sentrisme dan Indonesia Sentrisme.

    Beberapa Pendapat Tentang Awal Masuknya Islam di Indonesia.

    Islam Masuk ke Indonesia Pada Abad ke 7:
    Seminar masuknya islam di Indonesia (di Aceh), sebagian dasar adalah catatan perjalanan Al mas’udi, yang menyatakan bahwa pada tahun 675 M, terdapat utusan dari raja Arab Muslim yang berkunjung ke Kalingga. Pada tahun 648 diterangkan telah ada koloni Ara

  143. firsta anita says :

    saya pernah membaca bahwa Islam datang ke Indonesia pertama kali lewat utusan khlaifah Utsman bin Affan,…apakah ada data yang bisa mendukung..?

    • sejarawan says :

      belum ada data yang bercerita tentang itu yang admin baca.
      bila dilihat kesesuaian waktu antar munculnya islam d Arab dengan Indonesia, bisa jadi Islam mausk di Indonesia sekitar abad ke-7 dalam jumlah kecil. Perlu diperhatikan bahwa abad ke-7 hingga abad ke-14, Kebudayaan yang berpengaruh besar adalah kebudayaan Hindu-Budha

  144. ravi says :

    kalau bisa tambah kan gambar

  145. Fikraman Wardani says :

    kalau di KOTA BIMA itu urutan keberapa masuk’a islam di indonesia… soal’a orang2 tua banyak yg cerita.. masuk’a islam di BIMA/MBOJO udah lama bangat.. hampir 97% warga di bima beragama muslim

  146. Ninov says :

    janganlah dijadikan perdebatan dan pertentangan, justru saling melengkapi karena beberapa teori mengandung bukti bukti kuat.

  147. lya says :

    ko’ g’ da peta ny sich…..

  148. safak_messi@yahoo.com says :

    aaassskkkuuummmmmmmmmmmmmmmmmm

  149. erny says :

    assalamu’alaikum wr wb
    maaf saya mau tanya apa bukti dan tokoh masuknya islam ke nusantara pada abad 6 dan 14?

  150. aqila annayla syaif says :

    saya mau tanya apa bukti islam masuk indonesia pada abad 7 dan 13 masehi

  151. adks says :

    Kalau Menurut Saya Islam Masuk Indonesia Penuh Dengan Politik. Karena Pada Kisaran Abad Ke 10 sampai ke 7 Masih Berdiri Banyak Kerajaan. karena kalaw cuma mengandalkn dakwah tidak mungkin.maaf itu dari pandangan logika.tapi kalau di luar itu saya ber pendapat memang sudah waktunya islam masuk ke indonesia.mungkin itu cuma jalan dari allah.

Trackbacks / Pingbacks

  1. PAI 7 « Kuliahade's Blog - 20 November 2009
  2. Sejarah masuknya islam ke Indonesia « zerofold - 2 Maret 2011

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: