Review Pendekatan Formatif Dan Pendekatan Subtantif Antro_Eko

Pendekatan Formatif

Pendekatan formatif adalah dalil mengenai gejala ekonomi sebagai fungsi dari kelangkaan sumber daya, tujuan ekonomi bersifat tidak terbatas, ekonomi merupakan suatu pilihan ekonomis dari sejumlah sumber daya yang terbatas untuk memenuhi tujuan (kebutuhan) yang tidak terbatas, berlakunya hukum permintaan dan penawaran dalam proses alokasi barang dan jasa di pasar, berlakunya hukum law of dimishing return dalam proses produksi.

Pendekatan yang sangatlah ekonomis, namun antropologi menempatkan diri pada pengembangan ilmu ekonomi untuk memahami gejala-gejala yang lebih luas dalam perekonomian primitive dan peasant, antropologi ekonomi sebagai pendekatan hubungan-hubungan sosial tentang pemanfaatan sumber daya ekonomi. , untuk mencapai pemahaman yang akurat tentang keberagaman dan kompleksitas tingkah laku sosial yang diobservasi, bersifat anhistoris, walaupun bukan anti-historis atau sinkronik, meskipun pendekatan ini bersifat analitisaa dan formala dalam orientasinya, tetapi memiliki kecenderungan yang kuat dalam menerapkan prinsip-prinsip abstraksi umum.

Prinsip kerja dari pendekatan formatif dalam melihat ekonomi primitif dan peasant adalah sama-sama memakai mekanisme dan prinsip ekonomi yang fungsinya sama. Kesamaan pola antara ekonomi primitif dan peasant menjadi pendekatan formatif ditandai oleh munculnya teknik-teknik pengumpulan data kuantitatif sehingga memungkinkan peneliti bisa menarik kesimpulan bahwa teori ilmu ekonomi klasik bisa untuk menjelaskan fenomena dalam masyarakat sederhana

Diakui bahwa pendekatan formatif adalah pendekatan pertama kali di antropologi ekonomi. Namun pendekatan ini memiliki kelemahan dalam pengujian lapangan. Pengujian yang dilakukan sangatlah bersifat eropa-sentris (berpandanagn eropa). Perbedaan sistem antara ekonomi sederhana dengan modern sangatlah menyolok. Jadi pendekatan formatif tidak bisa menerangkan mengenai kegagalan perkembangan ekonomi di negara berkembang.

Pendekatan Substantif

Ekonomi substantif melihat gejala ekonomi dari proses pemberian makna yang dilakukan manusia dalam pemanfaatan sumber daya ekonomi. Pandangan subtantif ini tampak mengabaikan gejala perubahan ekonomi pada masyarakat, antropologi ekonomi merupakan kerangka studi sistem ekonomi komparatif, pembuatan tipologi sistem ekonomi, aliran ini bersifat historis, relavistik dan riel dalam orientasinya. Penekanan pada aspek luar ekonomi dalam arti harfiah, karena mencakup aspek-aspek sosio-kultural yang terkait pada perilaku ekonomi.

Aliran subtantif juga memiliki pandangan mengenai ekonomi primitif dan peasant. Pandangannya bahwa perekonomian primitif dan peasant tidak ada lembaga yang secara eksklusif hanya melakukan aktifitas ekonomi; adanya perbedaan antara aturan-aturan perekonomian primitif dengan modern; perbedaan mekanisme pasar, institusi ekonomi, dan prinsip ekonomi antara perkonomian primitif dengan perekonomian modern.

Point of View dari pendekatan substantif adalah menunjukan karakteristik yang khas dari gejala ekonomi dengan organisasi sosial dan kebudayaan. Hal itu didasari bahwa manusia memilki aspek organisasi sosial dan kebudayaan.

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

2 responses to “Review Pendekatan Formatif Dan Pendekatan Subtantif Antro_Eko”

  1. Bawor says :

    Nona, tulisanmu sangat menarik, karena jarang orang mengkaji tentang antropologi ekonomi. Literatur mengenai hal ini pun sangat jarang. Sekiranya Nona tiada berkeberatan, dapatlah nona beritahu hamba ini mengenai literatur apa saja yang dapat dibaca untuk pendalaman antropologi ekonomi selain karya sairin (pengantar antropologi ekonomi). Tiadalah dapat terkatakan terima kasih hamba jika nona dapat memberikan info tersebut. Info dari Nona hamba tunggu dengan amat sangat. Semoga nona tiada berkeberatan

Trackbacks / Pingbacks

  1. Sejarah masuknya islam ke Indonesia « zerofold - 2 Maret 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: