Kasimo dan gagasan ekonomi pada awal Indonesia lahir

Ketika dibacakan proklamasi oleh soekarno di jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta maka lahirlah Negara Indonesia yang merdeka. Bagaikan bayi yang baru lahir negara inipun juga tidak memiliki bekal untuk menghidupi dirinya sendiri. Dengan dorongan seperti itu para tokoh bangsa berupaya untuk memenuhi segala kelengkapan pemerintahan, menggerakkan perekonomian, dan memenuhi segala kebutuhan rakyat.

Kebutuhan rakyat sangatlah mendesak ditambah dengan kosongnya kas Negara, pajak-pajak dan bea masuk lainnya yang berkurang, sebaliknya keperluan Negara sangatlah banyak. Maka perlu adanya segera pemecahan masalah ekonomi seperti meningkatkan produksi dan dan ditribusi bahan makanan, masalah sandang, serta status perkebunan milik asing.

Usaha untuk menyelesaikan masalah ekonomi secara konseptual, praktis, dan realistis. Salah satu gagasan itu muncul dari I.J Kasimo yang pada waktu itu sebagi menteri persediaan makanan rakyat. Gagasan dari I.J Kasimo dituangkan dalam rencana produksi lima tahun yang dikenal dengan sebutan Plan Kasimo. Plan Kasimo berisikan anjuran untuk memperbanyak kebun bibit unggul, pencegahan hewan pertanian untuk disembelih, penanaman kembali lahan kosong, dan perpindahan penduduk ke Sumatera.

Gagasan yang brilian itu dilahirkan oleh I.J Kasimo. I.J kasimo memiliki nama lengkap Mr. Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono (19001986). Selain menjadi Menteri ketika Indonesia merdeka dia adalah salah satu seorang pelopor kemerdekaan Indonesia. Kasimo Hendrowahyono dilahirkan di Yogyakarta. Ia dibaptis secara Katolik dan mendapat nama baptis Ignatius Joseph. Kemudian ia setelah dewasa menjadi guru pertanian di Tegal dan Surakarta.

Pada waktu zaman pergerakan nasional Kasimo juga aktif berpolitik. Kasimo Hendrowahyono merupakan salah satu pendiri partai politik yaitu pada tahun 1923 mendirikan Pakempalan Politik Katolik Djawi (PPKD), tahun 1925 berubah menjadi Perkoempoelan Politik Katolik di Djawa (PPKD) dan pada 1933 berubah lagi menjdi Persatoean Politik Katolik Indonesia (PPKI)

Karen asebagi salah satu anggota partai Kasimo pun diangkat menjadi anggota Volksraad antara tahun 19311942. Ia juga ikut menandatangani petisi Soetardjo yang menginginkan kemerdekaan Hindia-Belanda. Pada masa kemerdekaan awal, PPKI yang dilarang oleh Jepang dihidupkan kembali atas gagasan Kasimo dan berubah nama menjadi Partai Katolik Republik Indonesia.

Awal kemerdekaan pada tahun 1947-1949 ia duduk sebagai Menteri Muda Kemakmuran dalam Kabinet Amir Sjarifuddin, Menteri Persediaan Makanan Rakyat dalam Kabinet Hatta I dan Hatta II. Dalam kabinet peralihan atau Kabinet Soesanto Tirtoprodjo ia juga menjabat sebagai menteri.

Pada masa Republik Indonesia Serikat (RIS), Kasimo duduk sebagai wakil Republik Indonesia dan kemudian setelah RIS dilebur sebagai anggota DPR. Dalam Kabinet Burhanuddin Harahap ia menjabat sebagai Menteri Perekonomian.

Pada masa Orde Baru, Kasimo diangkat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia. Akhirnya pada tahun 1986 Kasimo dipanggil Tuhan YME.

180px-kasimo.jpg

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

8 responses to “Kasimo dan gagasan ekonomi pada awal Indonesia lahir”

  1. Daron says :

    Saya terbantu dengan adanya informasi sejarah dari mba Tanaya Yuka terutama dengan gagasan Plan Kasimo… akan tetapi saya belum mendapatkan apakah isi pokok dari gagasan tersebut dan apakah pemerintah Indonesia menjalankan Plan Kasimo? seberapa lamakah? mengingat banyak sekali kebijakan-kebijakan ekonomi yang bertujuan memulihkan keterpurukan ekonomi seperti Pinjaman Nasional, Nasionalisasi Bank-bank Jepang dan Belanda serta Konferensi Ekonomi.
    Terima kasih atas jawaban yang mbak berikan…

  2. Kirsche says :

    Terimakasih ya tulisannya.
    Bisa untuk belajar Sejarah buat besok UAS. ^^

  3. Nikent says :

    seingatku untuk isi dari kasimo plan itu memanfaatkan lahan kosong untuk pertanian

  4. siapakah diriku says :

    terima kasih y tulisanny…
    dgn ini qw bisa bikin tugas qw dgn baek…
    tingkatkan terus karya tentang sejarah y…
    soalny guruku suka kasi tgz presentasi…
    T.T

  5. CalonDokter Amiiiiiinnn .. says :

    makasiiiiiiiiiiiiiiihh banyak infonya ya ..😀

  6. tri says :

    mksh………….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: