Dua Pekerjaan Bagi Manusia

 

جصلتا ن ل شئ افضل منهما : الايما ن با لله , والنفع للمسلمين

Nabi Muhammad bersabda, “Dua hal yang tiada sesuatu pun melebihi keunggulannya ialah: Iman kepada Allah dan membuat manfaat untuk kaum Muslimin.”

Pertamaiman, Iman kepada Allah merupakan pokok dari ajaran Islam. Seseorang yang telah menyakinin dan memeluk agama Islam haruslah yakin dan bergembira atas kehadiran Allah. Tak satu pun dalam hati ini meragykan kekuasaa-Nya, tak satu pun kekuatan di dunia ini yang mampu mengalahkan-Nya,  dan tak ada satu pun keraguan atas bimbingan-Nya. Seseorang secara lisan bisa mengucapkan kalimat syahadat dengan lisannya, namun urusan iman lain soalnya. Urusan Iman adalah urusan yang tersembunyi oleh sebab itu perlulah dilatih dan diupayakan. Oleh sebab itu, perlu adanya pembahasan lebih lanjut mengenai Iman yang sebenar-benarnya Iman.

Kedua, membuat kemanfaatan bagi kaum muslim. Kemanfaatan bukan berarti “memberikan keenakan” bagi sesame muslim. Kemanfaatan bisa di mulai dengan niat di pagi hari.

Nabi Bersabda: “Barang siapa bangun di pagi hari tidak niat berbuat lalim kepada siapapun maka diampunilah laku           salahnya, dan barang siapa bangun di pagi hari dengan niat menolong orang yang teraniaya dan mencukupi    kebutuhan orang muslim,     maka memperoleh pahala sebesar satu Haji Mabrur.”

Kemanfaatan bisa dimulai dengan niat yang terucap di pagi hari atau sebelum tidur. Ingatlah, bahwahanya dengan niat yang baik sudah akan dicatat oleh malaikat sedangkan niat yang buruk belum akan dicatat sebelum dilakukan hal tersebut, sungguh murah hati-Nya Tuhan. Habib Syech pun mengatakan bahwa selama hidup-mu (manusia) diniatkan untuk selalu berbuat baik selama hidup ini.

Kemanfaatan terhadap sesama manusia pun dijelaskan oleh Kanjeng Nabi, “Hamba-hamba yang paling dicinta Allah adalah siapa yang paling bermanfaat untuk manusia, perbuatan yang paling utama ialah menampakkan rasa senang ke dalam hati orang mukmin berupa membasmi kelaparan, menyingkap        kesulitan atau membayarkan hutangnya, dan dua hal yang tiada sesuatu pun melebihi jahatnya ialah menyekutukan Allah dan mendatangkan bahaya bagi kaum Muslimin.”

Saling menolong bagi kaum muslimin bahkan bagi sesama manusia berbeda keyakinan, tak menjadi soal. Manusia diberikan dua pekerjaan saja di dunia ini yaitu mengangungkan Allah dan menyayangi terhadap titah-Nya. Mengangungkan dengan cara tak menyekutukan dan menyanyngi titah_nya dengan melakukan segala perintahnya, terutama untuk ibadah yang terkait dengan upaya menolong sesama muslim bahkan dengan sesama manusia.

Manusia yang bisa saling tolong-menolong tentu akan menciptakan kondisi kehidupan yang harmoni dan bersinergi diantara manusia itu sendiri. Kehidupan antar manusia yang ditujukan untuk berbakti/mengangungkan Allah.

Semoga kita bisa mewujudkan cita Tuhan, bagi kemaslahatan bersama.

#ngajiramadhan#ngaji_nashaihul_ibad

 

 

Iklan

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: