Biografi Singkat: Adolf “Jagal dari Jerman” Hitler

Agustinus Pambudi, The Death of Adolf Hitler Kematian Adolf Hitler, Yogyakarta: Narasi, 2005.

Buku ini merupakan buku yang ditujukan untuk pembaca narasi sejarah tanpa adanya analisis sejarah. Buku yang menularkan cerita mengalir saja bagaikan air. Buku ini lebih kepada biograpfi Adolf Hitler yang disajikan secara singkat. Perlu diakui ketika pertam kali membuka sampul buku ini, tidak terdapat ISBN, katalog perpustakaan nasional, kata pengantar dan pendahuluan. Bisa dikatakan bahwa buku ini adalah buku “siluman” dan buku populer saja. Bagian-bagian yang ditinggalkan terutama untuk kat pengantar dan pendahuluan/sebab musabab buku ini ditulis menyebabkan pembaca meraba-raba isi buku lebih dalam sehingga membuat ketertarikan bagi pembaca.

Buku ini merupakan biografi singkat dari Adolf Hitler. Buku ini secara baik telah membagi perjalan hidup Hitler dalam tiga babak kehidupan.

Ketiga babak kehidupan Hitler yakni.

Babak pertama adalahdari Wina ke seluruh Eropa (1889-1944). Hitler lahir Hitler lahir pada 20 April 1889 pukul 18.30, di Brunau yang terletak di pinggir Sungai Inn. Tempat kelahiran Hitler adalah sisi sungai yang termasuk kawasan Austria, sedangkan sisi lainnya di seberang sungai merupkan wilayah Jerman. Hitler tumbuh berkembang dengan cara bersusah payah untuk hidup. Masa-masa kesusahan Hitler terjadi ketika ia masih kanak-kanak hingga remaja. Kemudian ia mulai terjun ke dunia politik pad tahun 1919 dengan bergabung ke dalam partai buruh jerman—yang kelak berubah menjadi NAZI. Pada tahun 1923 Hitler melakukan pemberontakan yang meyebakan ia dipenjara. Di dalam penjara inilah Hitler menulis buku Mein Kampf (Perjuanganku) yang memuat ide-ide gila Hitler. Serta akhirnya, Hitler mampu meraih membentuk pasukan SS (Schutzstaffel). Pasukan yang memberikan kontribusi bagi Hitler untuk meraih kekuasaan Jerman. Setelah berhasil meraih kekuasaan Jerman Hitler segera melakukan tindakan-tindakan militer untuk menkalukkan Eropa. Pertam Hitler menaklukkan Austria dan Cekoslovakia, melakukan perjanjian tidak saling menyerang dengan Rusia, meyrang Polandia dengan istilah blitzkrieg (serangan kilat)

Babak kedua kehidupan Hitler adalah babak Kehancuran dan Pengkhianatan. Pengkhianatan dimulai dengan komplotan stauffenberg, yakni komplotan yang menginginkan kematian Hitler. Kehancuran-kehancuran Hitler mulai nampak ketika pasukan Inggris-Amerika dan Rusia mendekati pusat kekuasaan pada April 1945. dalam bab ini tidak hanya masalah perang saja yang dibicarakan dalam menunggu detik-detik kehancuran Hitler. Ada beberapa bab yang bisa digambarkan tidak sesuai dengan Bbai ini seperti cerita tentang ramalan Horoskop terhadap keyakinan bahwa Hitler akan membawa Jerman pada masa gemilang setelah Roosevelet meninggal, kemudian diceritakan pula tentang Eva Braun yang merupakan teman wanita Hitler. Setelah diajak keluar dari pembahasan. Pembaca dikembalikan lagi dengan suasana pertempuran detik-detik kehancuran Hitler. Mulai dari Serangan Baik dari pihak Sekutu untuk meruntuhkan Hitler sampai pada upaya pengkhianatan dari orang-orang kepercayaan Hitler. Orang-orang kepercayaan Hitler seperti Goering dan Himmler mulai melakukan pengkhianatan dengan menyatakan menyerah kepada Sekutu. Cerita-cerita ang dibenagun pada bab ini sungguhlah menarik dan enak dibaca. Terutam apada bagain pengkhianatan dan reaksi Hitler menjelang kekalahannya.

Pada pembahsan terakhir buku ini membahas mengenai Hemusan Nafas Terakhir. Hembusan Nafas terakhir ynag dimaksudkan adalah detik-detik terakhir sebelum Hitler mengakhiri kehidupannya dengan bunuh diri. Pada Bab ini yang paling miris dalah cerita tentang pembunuhan anak-anak Goebbels yang dibunuh dengan disuntik racun atas perintah aayahnya sendiri. Bab ini menceritakan hal-hal pilu seperti mayat Hitler, Eva Braun dan keluarga Goebbles kesemuanya dibakar untuk meninggalkan jejak bagi Sekutu. Setelah kematian Hitler inilah melalui jenderal Doenitz akhirnya Jreman menyerak kepad sekutu pada 7 Mei 1945. Dengan berkhirnya era Hitler mak berkahirnya sejarah kelan perang Dunia II yang terjadi di Eropa. Tak hanya itu saja, Hitler dianggap sebagai pencapaian terbesar dalam sejarah umat manusia yang tak akan bisa dicapai oleh Napoleon Bonaparte sekalipun dalam bidang wilayah taklukan Jerman pada masa kepemimpinan Hitler di Jerman.

Dengan begitu, buku ini perlu tinjaun lebih jauh lagi agar sesuai dengan kode etik penerbitan buku. Serta, buku ini bisa dijadikan sebagi bahan bacaan yang ringan dalam melihat kepemimpinan Adolf Hitler.

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

25 responses to “Biografi Singkat: Adolf “Jagal dari Jerman” Hitler”

  1. tHa_aDzeL says :

    tau gak nay,,
    dulu ta pernah suka banget ma adolf hitler, sampai mw bali buku mein campf nya,,
    tapi setelah mengetahui satu fakta yang sangat rahasia mengenai dia di eramuslim, saia berpindah menjadi sangat tidak menyukainya,,

    huhuhu
    khilafkhilaf,,

    khilaf yang begitu gilaa

  2. kaspul anwar says :

    good.. i like this story,coz hitler is one of my like best heroes.. aq suka kepemimpinanx,dia cerdas menguasai org,berkuasa.
    satu dr cita2 q adl mjd penguasa,mngkn spt HITLER
    thedoctorkaspul

  3. dE-eNk girLFriEnd says :

    gue mank belum pernah baca buku itu, tapi gue tau isi cerita buku itu dari deskripsi cowo gue siii..

    sumpah, bagus bgt lho ceritanya..

    dibalik semua keburukan hittler, dia ternyata mempunyai sisi positif yang sangat luar biasa, yang bisa kita ambil untuk kita jadikan pembelajaran..

    pola pikirnyapun jauh kedepan…

    seakan dia bs membaca apa yang akan terjadi kedepannya nnt, seperti kasus pembantaian orang2 YAHUDI dimasa kejayaannya itu..

    Dia sepertinya sadar, bahwa dimasa depan nnt orang yahudilah yang akan menghancurkan bumi ini…maka dari itu, dia bantailah semua orang yahudi di eropa pada waktu itu…padahal, bs dibilang hittlerpun masih keturunan yahudi..
    tapi kenapa dia benci oarang yahudi ???

    itulah yang harus kita cari tahu….

    semoga saja, makin banyak orang yang membaca buku ini dan bisa bs mengambil sisi positif dari kepemimpinan hittler..

    tHx

  4. adolf hitler says :

    Der Fuhrer adalah seorang pemimpin yang kharismatik dan bersahaja. dengan moto “Ein Volk, Ein Reich, Ein Fuhrer” kita sama-sama lanjutkan perjuangan sang Fuhrer kita ini. Karena beliau telah berjasa memusnahkan ras rendah dari muka bumi ini dan menciptakan era baru bagi kelanjutan ras pencipta peradaban, ras Arya

  5. Ahmad Baihaqi says :

    Ini sebuah prestasi besar bagi kelangsungan peradaban dengan munculnya seorang pemimpin yang kharismatik dan bersahaja seperti Adolf Hitler ini. kita boleh menilai buruk tentang hitler, tapi jangan lupa jasa yang telah ditorehkan oleh sang Fuhrer kepada peradaban kita. masih ingat, tentang pemusnahan bangsa Yahudi di Autzwisch itu sebuah prestasi yang dicapai oleh dunia, karena kaum Yahudi itu “benalu” kehidupan.

  6. thedoctor says :

    slm…
    kwn2,khssx urang borneo,
    kt bikin ajrn hitler versi region kt yuk.
    borneo kada suah jaya banar,
    nah saatx wayah ne kt bikin jaya pedalamn kita.
    i believe,if we want,our village can be a great nation!
    slm jaya gasan warga borneo,dr putra anjir (sout borneo),siap mmimpin..
    (yg minat,call me ;
    thedoctorkaspul@yahoo.com)

  7. MAMAK says :

    numpang lewat, ya. saya cari biografi hitler ni….

  8. eko says :

    walaupun saya belum baca buku ini, tapi dari cerita temen2, emang hitler itu mempunyai kepemimpinan yang kuat._itu yang perlu dicontoh.

    itu dulu menurut saya

  9. gaby says :

    iya sebenernya klo mau pilih presiden tuh yang diktator,dengan begitu masyarakatnya gampang diatur,tp sifatnya jgn kaya hitler,gila bgt masa ada peraturan yg disebut ( the final solution : beratus2/beribu2 orang yahudi di masukin ge dalam ruang oven,trus dibakar idup2?huuu nakutin) coba nih nonton dvd ” Hitler war,downfall itu biografi hitler)
    thx

  10. mahsun says :

    masa hitler dikatakan pahlawan!
    kalau saya tidak setuju. kejamnya naudzubillah
    hanya satu menurut saya kelebihan hitler ”orasinya dan keberaniannya mengambil resko
    kita bayangkan aja dia aja yang penjahat kelas dunia bisa jaya dengan kata2
    masa kita yang mempunyai niat tulus ingin membangun negeri ini dikalah sama hitlerrrrrrrrrr
    malu dong……

  11. dimas says :

    andai saja HITLER d kasih kesempatan hidup 10 tahun lagi
    pasti g akan ada kekacauan d timur tengah,yg semuanya itu terjadi karena kaum YAHUDI d bawah naungan bangsa ISRAEL,,,bener kata2 hitler,kalo kaum YAHUDI harus d musanahkan dari peradaban,,,akankah lahir HITLER II untuk membasmi kaum YAHUDI?
    Kita tunggu saja……..

  12. Eriz says :

    Mnurut gua,hitler adlh org yg istmewa,gua ska am pmikiranya,slama msih bsa bernafas trus brusah smpai aqir hidup

  13. Yanti says :

    Berhati-hatilah dengan cara-cara yang dilakukan orang untuk mengubah idiologi yang baik yang selama ini sebenarnya banyak dianut orang……menurut Saya, Hitler manusia yang paling kejam. Dia bahkan sanggup memusnahkan sesamanya MANUSIA. Saya secara pribadi tidak habis pikir dengan Mentalnya…Sungguh dia adalah SETAN yang hidup sebagai manusia. sesungguhnya bumi ini akan baik bila kita semua hidup berdampingan, saling melengkapi, saling mengingatkan, dan saling membangun…. “—–safe the world—–“

  14. Wisnu Wardhana says :

    Saya hitler adalah korban propaganda bangsa yahudi melalui paham Liberal, bagaimana tidak. Nazi dibentuk oleh hitler dikarenakan muak dengan yahudi dan komunis yg telah meng-akibatkan kondisi perekonomian eropa hancur. hitler telah menjadi orang yg bersalah yg seharusnya tidak perlu dipermasalahkan oleh dunia.

  15. saka says :

    saya suka bnr dgn kepemimpinan hitler, kalau masih ada partai nazi gua ikut deh, satu hal lagi amerika tak akan pernah menang melawan jerman jika tidak dibantu oleh sekutu busuknya…….

  16. styawaan says :

    perjuangan hitler dalam kehidupanx menginspirasikan q, bahwa hidup ini adalah perjuangan yang sangat sulit dan harus q hadapi walaupun itu berat banget

  17. supratman says :

    saya rasa itu suatu pelajaran buat kita semua,bahwa kejahatan akan musnah meski secara step by step

  18. lili says :

    kejam tp juga mengharukan

  19. yanceklau says :

    Memeng pantas hitler harus kalah cz yahudi, Amerika serikat dan Sekutunya tak akan pernah kalah

  20. budianto says :

    Hitler ada sisi baiknya juga krn hanya beliaulah yang mampu semangat moral orang jerman pada saat negara jerman ambruk moral dan perekonomiannya setelah kalah perang oleh sekutu. Tetapi dia lupa bahwa manusia itu sama derajatnya Eropa, yahudi, Arab dan lain2

  21. stella luch says :

    mungkin negara kita sendiri perlu pemimpin yang seTEGAS Hitler, but TIDAK seTEGA Hitler

  22. MOST_kalashnikov says :

    Jangan lihat hitler dari sejarah yg dia toreh didunia, liat karakteristik positifnya….bagaimana dia memegang prinsip perjuangannya, bagaimana dia menjalankan system pemerintahannya, bagaimana pendiriannya sebagi pemimpin.
    Dia memiliki karakteristik yang unik untuk seorang pemimpin dan seorang komunal sosialis….dia masih percaya dengan prinsipnya sendiri itu sudah hal yg luar biasa untuk seorang pemimpin.

    Sebenarnya ada kata2 yg selalu dia ucapkan untuk membakar semangat para perwira dan angkatan perangnya….itu ciri khas mutlak hitler

    “Die beste vierdigung ist angriff”

    “Pertahanan yang terbaik itu adalah menyerang”

    Itu untuk mengingatkan angkatan perangnya bahwa bangsa mrk “arya” adalah ras yang unggul

    Senang berbagi informasi dengan kalian.

    Thanks

  23. wijaya says :

    saya cuma bisa mengatakan bahwa HITLER adalah sosok seorang pemimpin, entah buruk atau baik yang pasti ia benar-benar patut menjadi seorang pemimpin. andai pemimpin kita punya ketekad tan sperti hitler pasti koruptor pada amblass hehehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: