SEDIKIT TENTANG cIna

FAKTA DAN DATA REPUBLIK RAKYAT CINA

Republik Rakyat Cina-Chung Hua Jen Min Kung Ho Kuo : nama resmi negara Cina daratan

Ibu Kota : Beijing

Letak Geografis:Asia Timur, Perbatasan: Mongolia, Rusia, Korea Utara, Laut Kuning, Laut Cina Timur, Laut Cina Selatan, Teluk Tonkin, Vietnam, Laos, Myanmar, India, Bhutan,Nepal, Pakistan, Afghanistan.

Wilayah : 9.596.961 km²

Ciri Fisik : titik tertinggi:gunung Everest di perbatasan Cina-Nepal(8.848).titik terendah: depresi Turfan (bawah paras laut). sungai utama: Yang Tze,Hwang (kuning),Si (barat), Amur. Danau utama: Tungting, Poyang, Tai.

Penduduk : 1.192.000.000

Bahasa : Mandarin(resmi), Shanghai, Hakka, Kanton

Agama : Campuran kongfucuisme, Taoisme, Budha, Islam, Kristen.

Pemerintahan : Republik Komunis, Kepala Negara: Presiden, Kepala Pemerintahan: Perdana Menteri

Kota Utama : Shanghai, Beijing, Tientsin, Shengyang, Kanton, Wuhan, Chungking, Nangking, Harbin, Tsingtao, Chengtu, Taiyuan.

PEMBAHASAN

STRUKTUR POLITIK REPUBLIK RAKYAT CINA

Struktur yang ada sekarang sebenarnya mempertahankan struktur negara tradisional Cian, yaitu ada pusat (zhongyang), propinsi (sheng),kabupaten (xian), dan kota (shi).Adapun tambahan yang diperkenalkan oleh PKC adalah struktur yang ada di kota-kota disebut “danwei” atau unit (lihat diagram 1). Semua ini ditetapkan dalam UUD yang disahkan pada tahun 1954 ( antara 1949-1954, dipakai yang disebut Dewan Administrasi Pemerintah).

Pada tingkat pusat,ada yang disebut “guowuyuan” atau Dewan Negara, yang diketuai oleh seorang perdana menteri dan beberapa wakil perdana menteri, dan dibawahnya terdapat kementrian dan komisi-komisi yang jumlahnya berubah-ubah dari waktu ke waktu.Mengingat kedudukannya sebagai “pemerintah puasat” Dewan negara benar-benar mengendalikan pemerintah daerah.

Di bawah Pemerintah pusat ada sheng dan shi atau xian.Tetapi diagram 1 di atas ini sebenarnya terlalu sederhana.Sehingga melalui tabel besar ini dapat dilihat pembagian administrasi RRC.

Tingkat sheng

Tingkat diqu

Tingkat xian

Shi

Qu langsung dibawah kota

total

Unit administrasi

total

Unit administrasi

total

Unit administrasi

total

Tingkat diqu

Tingkat xian

33

4 zhixiashi

110

72 diqu

1693

1529 xian

664

222

442

727

2 sheng

30 zizhi-zhou

117 zi-zhian

5 zi-zhiqu

8 meng

49 qi

1 tebie

3 zi-zhiqu

Xing-zhengqu

3 tequ dan 1 linqu

Dari tabel diatasdapat dilihat bahwa ada 33 sheng (propinsi) dan 1693 xian (kabupaten).Yang belum terungkap adalah jumlah xiang (kecamatan) dan jumlah cun (desa). Perlu diingat bahwa sejak tahun 1958 hingga 1982 pedesaan Cina diatur dengan sistem komune, yang menduduki wilayah yang sama luasnya dengan xiang. Ketika pada 1982 sistem komune dibubarkan, dikembalikan pada siistem yang lama yaitu ,xiang dan cun. Administrasi Cina tidak dapat menjangkau sampai ke desa-desa, tetapi berhenti sampai pada tingkat xiang. Desa atau cun dikelola oleh sebuah komite yang disebut “komite warga desa” (cunmin weiyuanhui)..Yang disebut sebagai lembaga bentukan baru untuk membuat warga desa menjadi mandori. Misalnya.ketua komite warga desa dipilih oleh warga sendiri.

PENDUDUK

Sifat-sifat bangsa Mongoloid dapat terlihat pada orang-orang Indian Amerika, Polynesia, Indonesia,dsb. Tetapi ada yang dinamakan sebagai mongoloid primer atau kalasik, banyak sekali ditemukan pada orang-orang di Asia Utara, meliputi suku bangsa Eskimo, Mongol, Tungus dari Manchuria, dan Siberia.

Tipebangsa Mongolid klasik adalah bangun badan gemuk, kaki dan tangan yang kecil, muka yang rata, mata yang ditutupi oleh kelopak mata yang tebal, rambut lurus yang kasar dengan pertumbuhan jarang dimuka dan badan,warna kulit sawo matang, kekuning-kuningan, warna mata sawo matang sedang, sawo matang tua sampai bentuk hidung anak-anak dengan akar yang rendah, kelompok darah B tinggi, gigi seri berbentuk sekop, tulang kelangkang bertanda, dan kepala berukuran 80.

Adanya persamaan antara orang zaman pra-sejarah dengan orang-orang tiongkok utara yang sekarang sehingga timbul istilah “orang Tionghua permulaan” (proto chinese) atau orang tionghua yang pertama. Ras Mongoloid datang dari Asia Utara dan orang tionghua merupakan cabang dari ras tersebut.

Republik Rakyat Cina mayoritas penduduknya masuk dalam ras mongoloid. RRC dapat dibagi du adalam membedakan kepadatan penduduknya, yaitu daerah pedalam yang jarang penduduknya dan daerah aliran tig asungai besar yang padat penduduknya. Untuk menyetarakan hasil-hasil pembangunan negara Cina dan mengintegrasikan daerah-daerah yang jauh dari pusat pemerintahan maka dilaksanakan politi Sinisisasi. Politik ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan mutu perkampungan dan jalan-jalan, mengamankan perbatasan dan mengeksploitasi sumber daya alam setempat.

Bagian utama Cina yang dijuluki “Cina sesungguhnya” (Cina Proper) adalah tiga aliran sungai, Huang Ho, Chang Jiang, dan Xi Jiang.Penduduk terkonsentrasi di bagian timur ini.Banyaknya kota-kota besar di wilayah ini merupakan bukti pernytaan itu.

Penduduk RRC pada tahun 1988 tercatat 1.076 juta orang,kepadatan penduduk agrarisnya mencapai 500 per kilo meter persegi daerah pertanian, termasuk salah satu daerah yang terpadat penduduknya, namun pertumbuhan penduduk di negara itu Cuma 1,3%/tahun.

ETNISITAS

Mayoritas penduduk Cina dikenal dengan Cina-Han. Han adalah nama dinasti Cina. Namun, Cina adalah negara multibangsa. Disamping mayoritas Han, di Cina ada kelompok minoritas yang dikelompokkan dalam daerah tertentu. Kelima kaum minoritas itu adalah

Chuang: Berpusat di Cina bagian selatan terdapat di propinsi Kwangsi, Yunan, Kwangtung.

Uighur: Bertempat di daerah otonnomi Sinkiang-Uighur.Mereka berbahasa Turkik dan memeluk Islam.

Hui : Orang Cina yang telah memeluk islam.Mereka tinggal di Ningsi-Hui dan ditemukan di Kansu, sinkiong, Tsinghai, Hopeh, Yunan.

Tibet : Szechwan, Tsinghai, Kansu adalh tempat mereka tinggal dengan menganut budha versi Lamaisme.

Mongol: Mereka banyak tinggal didaerah Mongol Dalam.

EKONOMI

Pertanian

Daerah panatai Cina di Samudra Pasifik merupakan derah pertanian yang utama. Komoditi yang diusahakan adalah padi di derah aliran Xi Jiang dan Chang Jiang.Persawahan berteras tampak memanjat lereng bukit di bagian selatan lembah Xi Jiang.Di bagian utaranya, mulai dari aliran Chang Jiang padi dipadukan dengan gandum, mulai dari lembah Huang Ho gandum musim dingn mengantikan padi dan di derah Timkur Laut yang dahulu dinamakan sebagai manchuria, ditanam gandum musim semi.

Denagn memilki beberapa daerah yang subur negara ingin mendapatkan kontrol atas pertaniaan. Disinilah terjadi pertarungan anatara negara dan petani untuk memperoleh surplus pertanian. Negara ingin menyedot surplus sebanyak-banyaknya dan petani berusaha untuk mempertahankan sebanyak-banyaknya. Hal ini terjadi karena Cina menganut sistem ekonomi model Uni Sovyet yang menekankan pada industrialisasi dengan mengorbankan pertanian.

Untuk memperoleh surplus pertanian pemrintah Cina memerintahkan petanai untuk “bekerja sama” baik pada tingkat tenaga kerja maupun modal. Pada masa itu petani harus memberikan sawahnya maupun ternaknya untuk dijadikan usaha bersama, walauun belum milik bersama. Cara ini memang dipandang efisien daripada kalau petani mengerjakan sendiri-sendiri tanah mereka yang tidak seberapa luasnya.

Masa Lopatan Jauh ke Depan meradikalkan sistem kerja sama ini : bukan hanya para petani harus memakai miliknya untuk bekerja sama, melainkan kehilangan atas hak sawahnya. Sawah mereka kerjakan menurut sebuah rencana yang ditetapkan Pusat. Dalam komune (desa dikoordinir sendiri oleh masyarakatnya. kini petani tidak memiliki apapun, semuanya diserahkan kepada negara. Mereka bekerja di sawah tetapi tidak memilkiki kontrol atas hasil kerja mereka. Komune-lah yang menetapkan besarnya konsumsi mereka, sementara itu surplus hasil pertanian dikirim kekota oleh komune.

Industri

Cina kaya akan bahan galian, terutama persediaan minyak dan dgas alam tersebar hampir diseluruh kawasan negara ini. Dari tempat-tempat pertambangan, minyak disalurkan melalui pipa, terutama ketiga kompleks indutri basar: Beijing-Tiangjing, Shengyang(di timur laut) dan Nanjiang-Shanghai (di selatan). Ketiga daerah industri juga didukung adanya sumber batu bara yang ditambang dekat dengan derah industri itu. Di daerah timur laut terdapat pula tambang bijih besi, aluminium, mangan, timbel, seng, dan tembaga. Itulah yan mendukung Shengyang menjadi kota industri terbesar di kawasan ini. Kota kedua adalah Anshan denagn industri besi baja.

Pemerintah telah menargetkan pembanguan setiap pembanguan lima tahun atau sering disebut rencana pembanguna lima tahun. Pemrintah juga mendapatkan bantuankeuangan dari Rusia. Rusia berjanji untuk membantu 141 perusahaan., tahun berikutnya rusia menawarkan bantuan dan proyek kerja sama dengan Cina. Dengan adanya hal itu Cina mulai membangun 600 industri yang berhubungan dengan kepentingan umum

TABEL PERKEMBANGAN INDUSTRI DI CINA

BAHAN

UNIT

Sebelum 1949

1952

1954

1955 (taksiran)

1957 (target )

INDUSTRI

Batu bara

Juta metre kubik

62.0

63.53

80.0

92.7

113.0

besi

Juta meter kubik

1.9

1.9

2.95

3.7

5.0

baja

Juta meter kubik

0.92

1.35

2.22

2.7

4.12

semen

Juta meter kubik

2.29

2.86

4.60

6.0

kapasd

Juta bal

2.4

3.6

4.5

5.0

listrik

Juta kilo watt hour

6.0

7.26

10.9

12.5

15.92

Bahan Makanan

Seluruh hasil Pangan

Juta ton

150

163.9

169.5

177.9

192.8

Padi

53

68.4

70.5

78.5

81.7

Gandum

24

8.1

23.2

23.7

kedelai

10

9.5

9.2

11.2

Sarana Transportasi

Rel keret

60.2

93.1

120.9

irigasi

3.6

15.3

pelabuhan

2.0

5.8

angkutan

0.7

1.9

3.2

Pemerintah pada walanya membanguninsfrakturtur untuk kepentingan rakyat. Dengan adanya rencana pembangunan bisa menargetkan pembangunan. Pembanguna mampu terarahkan.

KESIMPULAN

Sistem politik yang digunakan Cina masih mempertahankan tradisi lama. Tradisi itu adalah membagian wilayah-wilayah atau feodalisme kekuasaan. Tetapi wilayah-wilayah ini tidak memiliki hak otonomi, wilayah ini hanyalah kepanjangantang dari pemerintah pusat untuk menyampaikan kebijakan-kebijakan negara untuk disampaikan kepada rakyat. Pemerintah tidak mampu menjangkau desa, sehingga mereka diberikan hak untuk berkumpul dan berserikat tetapi desa ini harus tetap berada dibawah pengawasan pemerintah secara ketat.

Penduduk Cina yang sangatlah besar jumlahnya berpengaruh pad etnisitasnya.Penduduk Cina masuk pada ras Mongoloid dengan ciri yang khas. Adanya penduduk minoritas pemerintah melakukan adanya kolonisasi terhadap penduduk itu. Mereka dikonsentrasikan pada suatu tempat agar tidak terjadi adanya disintegrasi..

Pertanian Cina menampakkan adanya sisitem sosialisme. Para petani harus bekerja sama untuk memenuhi kebutuhan panagn negara. Negar sangatlah mengatur dalam kebijakan pertanian,sehingga haka pribadi diabaikan. Industri Cian condong pada membangun industri masyarakat untuk kemakmuran bersama sebagai inti dari sosialisme.

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

One response to “SEDIKIT TENTANG cIna”

  1. aulia nur fadilla says :

    bagaimana dengan kondisi geografis, penduduk, bentang alam, dan pemerintahan china? mohon dijawab secepatnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: