PENDUDUK INDONESIA TERTUA DAN PERSEBARAN BANGSA-BANGSA DALAM ZAMAN PREHISTORI

 

Manusia di Indonesia yang tertua sudah ada kira-kira satu juta tahun yang lalu, waktu Dataran Sunda masih merupakan daratan, waktu Asia Tanggara bagian benua dan bagian kepulauan masih tersambung menjadi satu. Penduduk Dataran Sunda itu memiliki ciri fisik yang berbeda dari manusi sekarang ini, sisa-sisanya adalah beberapa fosil yang ditemukan di lembah Bengawan Solo. Fosil-fosil itu oleh para ahli disebut Pithecanthropus Erectus, fosil ini juga ditemukan di sebuah gua dekat Peking, dan beberapa Asia Timur.

Karena waktu bentuk fisiknya sudah berevolusi, sehingga menampakkan cirri-ciri yang berbeda. Sejumlah fosil yang telah mengalami evolusi ditemukan di desa Ngandong dan para ahli menyebutnya sebagai Homo Soloensis. Homo Soloensis itu dalam beberapa tahun kemudian mereka berevolusi menjadi manusi asekarang, tetapi dengan ciri-ciri ras yang menyerupai penduduk asli Australia. Sisa-sisa fosil dari perubahan Homo Soloensis di temukan dis uatu tempat bernama Wajak, para ahli menyebutnya Homo Wajakensis. Fosil itu juga banyak ditemukan di daerah Talgai, Darling Downs, Queensland,yang dipercaya sebagai nenek monyang penduduk asli Australia.

Persebaran manusia dengan ciri-ciri Austro-Melanesoid.

Nenek moyang dari manusia Wajak tersebut diatas, sebelumnya sudah ada yang menyebar ke arah barat dan ke arah timur Nusantara. Mereka yang menyebar ke arah timur menduduki Irian. Meraka hidup dalam kelompok-kelompok kecil di daerah muara-muara sungai di mana mereka hidup dengan menangkap ikan di sungai, dan meramu tumbuh-tumbuhan. Pada masa sekarang bekas-bekas itu dapat ditemukan di daerah Teluk McCluer dan Teluk Triton di kepala Cendrawasih. Bekas-bekas itu berupa tempat-tempat perlindungan di bawah karang atau yang disebut abris sous roches.

Di bagian barat dari Nusantara orang Austro-Melanesoid, mengembangkan suatu kebudayaan yang pada dasarnya sama dengan kelompok yang dihidup di Irian. Mereka juga mengembangkan perkampungan abris sous roches. Adapun perbedaan dengan kelompok di Irian adalah mereka menggunakan kapak genggam yang mempunyai suatu sisi bekas pecahan yang kasar dan suatu sisi luar yang lebih halus. Kapak itu sering diasah pada bagian tajamnya.

Persebaran dari manusia Austro-Melanesoid yang makan kerang, dapat direkontruksi dari adanya timbunan sisa-sisa kulit kerang yang di sebut kjokkenmoddinger atau sampah dapur. Sekarang tempat-tempat yang berupa bukit-bukit kerang dan ditandai dengan adanya kapak genggam yang bagian tertentunya tajam. Banya dijumpai di Aceh, Kedah dan Pahang di Malaysia. Kecuali itu k[ak-kapak itu juga ditemukan di Jawa Timur, tetapi juga di Vietnam Utara, ialah di Pengunungan Bacson, dan di gua-gua dari Propinsi Hoa-binh, Hoa-nam, dan Tan-Hoa. Justru penemuan-penemuan alat-alat prehistoris yang berpusat kepada alat genggam itu tadi disebut alat-alat Bacson-Hoabinh.

Fosil-fosil manusia yang sering ditemukan bersamaan dengan alat-alat Bacson-Hoabinh tadi, seperti misalnya di gua Sodong dan Samoung di Jawa Timur, di bukit kerang di Aceh, dan Di gua Kepah di Malaysia Barat, menunjukkan secara dominan ciri-ciri Austro-Melanesoid, sungguh pun bercampur ciri-ciri ras Mongoloid. Justru karena itulah Koentjaraningrat condong untuk menyimpulkan bahwa adanya persebaran dari timur ke barat dari manusia Austro-Melanesoid berasal dari Jawa, melalui Sumatera, Semenanjung Malayu dan Muang Thai sampai Vietnam Utara.

Pengaruh ciri-ciri Mongoloid. Dari manakah kiranya asalnya ciri-ciri Paleo-Mongoloid yang tampak pada penduduk kuno di Indonesia tersebut. Ciri-ciri itu mungkin bersal dari Asia. Satu kemungkinan adalah melalui jalan yang dilalui oleh orang Austro–Melanesoid yang ke arah barat dan utara, di mana orang-orang dengan cirri-ciri Mongoloid bercampur dengan orang-orang Austro-Melanesoid. Dengan demikian

Perpindahan/Migrasi Bangsa-bangsa ke Indonesia
Sebelum Anda membahas lebih jauh uraian materi migrasi bangsa-bangsa ke Indonesia, alangkah baiknya Anda perhatikan terlebih dahulu gambar 1 yang merupakan peta rute atau arah penyebaran kapak persegi dan kapak lonjong (kebudayaan Neolithikum) ke Indonesia.

Gambar 1. Alur Penyebaran Kebudayaan Neolithikum di Indonesia.

Dari gambar 1 di atas, tentu Anda mempunyai suatu gambaran bahwa kebudayaan Neolithikum yang berupa kapak persegi dan kapak lonjong yang tersebar ke Indonesia tidak datang/menyebar dengan sendirinya, tetapi terdapat manusia pendukungnya yangberperan aktif dalam rangka penyebaran kebudayaan tersebut.

Manusia pendukung yang berperan aktif dalam rangka penyebaran kebudayaan itulah merupakan suatu bangsa yang melakukan perpindahan/imigrasi dari daratan Asia ke Kepulauan Indonesia bahkan masuk ke pulau-pulau yang tersebar di Lautan Pasifik.

Dari penjelasan di atas tentu Anda ingin mengetahui dari mana, asal bangsa-bangsa yang berimigrasi ke Indonesia? Untuk itu silahkan Anda perhatikan gambar 2 berikut ini.

Gambar 2 Alur Perpindahan Bangsa-bangsa.

Bangsa yang berimigrasi ke Indonesia berasal dari daratan Asia tepatnya Yunan Utara bergerak menuju ke Selatan memasuki daerah Hindia Belakang (Vietnam)/Indochina dan terus ke Kepulauan Indonesia, dan bangsa tersebut adalah:

  1. Bangsa Melanesia atau disebut juga dengan Papua Melanosoide yang merupakan rumpun bangsa Melanosoide/Ras Negroid. Bangsa ini merupakan gelombang pertama yang berimigrasi ke Indonesia.

  2. Bangsa Melayu yang merupakan rumpun bangsa Austronesia yang termasuk golongan Ras Malayan Mongoloid. Bangsa ini melakukan perpindahan ke Indonesia melalui dua gelombang yaitu:

    1. Gelombang pertama tahun 2000 SM, menyebar dari daratan Asia ke Semenanjung Melayu, Indonesia, Philipina dan Formosa serta Kepulauan Pasifik sampai Madagaskar yang disebut dengan Proto Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia melalui dua jalur yaitu Barat dan Timur, dan membawa kebudayaan Neolithikum (Batu Muda)

    2. Gelombang kedua tahun 500 SM, disebut dengan bangsa Deutro Melayu. Bangsa ini masuk ke Indonesia membawa kebudayaan logam (perunggu).

Tabel Migrasi Bangsa-Bangsa ke Indonesia

Gelombang Migrasi

Jenis Bangsa

Rumpun Bangsa

Jenis Ras

Jenis Bangsa Prasejarah Indonesia
Dengan adanya migrasi/perpindahan bangsa dari daratan Asia ke Indonesia, maka pada zaman prasejarah di Kepulauan Indonesia ternyata sudah dihuni oleh berbagai bangsa yang terdiri dari:

  1. Bangsa Melanisia/Papua Melanosoide yang merupakan Ras Negroid memiliki ciri-ciri antara lain: kulit kehitam-hitaman, badan kekar, rambut keriting, mulut lebar dan hidung mancung. Bangsa ini sampai sekarang masih terdapat sisa-sisa keturunannya seperti Suku Sakai/Siak di Riau, dan suku-suku bangsa Papua Melanosoide yang mendiami Pulau Irian dan pulau-pulau Melanesia.

  1. Bangsa Melayu Tua/Proto Melayu yang merupakan ras Malayan Mongoloid memiliki ciri-ciri antara lain: Kulit sawo matang, rambut lurus, badan tinggi ramping, bentuk mulut dan hidung sedang. Yang termasuk keturunan bangsa ini adalah Suku Toraja (Sulawesi Selatan), Suku Sasak (Pulau Lombok), Suku Dayak (Kalimantan Tengah), Suku Nias (Pantai Barat Sumatera) dan Suku Batak (Sumatera Utara) serta Suku Kubu (Sumatera Selatan).

  2. Bangsa Melayu Muda/Deutro Melayu yang merupakan rasa Malayan Mongoloid sama dengan bangsa Melayu Tua, sehingga memiliki ciri-ciri yang sama. Bangsa ini berkembang menjadi Suku Aceh, Minangkabau (Sumatera Barat), Suku Jawa, Suku Bali, Suku Bugis dan Makasar di Sulawesi dan sebagainya. .

 

About these ads

About sejarawan

Sudah tidak kuliah lagi....sekarang dalam masa kebingungan yang sangat amat Twitter: @TanayaYP

80 responses to “PENDUDUK INDONESIA TERTUA DAN PERSEBARAN BANGSA-BANGSA DALAM ZAMAN PREHISTORI”

  1. sendy says :

    Bagus sekali penjelasannya, tapi boleh jelaskan lebih detail tenatng sejarah tertua di dunia, khususnya di ASIA. thanks before.sendy

  2. sejarawan says :

    sulit sekali untuk menentukan tentang penduduk tertus di dunia tau di asia.Coba Sendy memebca buku karangan dari Arnold TonyBee tentang sejarah Umat Manusia, mungkin Sendy lebih banyak mendapatkan masukan.

  3. aboeh tengoe says :

    bisakah dibantu saat ini tentang :
    - adat istiadat ras negroid
    - Kebudayaan
    - Sistem kepercayaan
    terima kasih …. posing neh ada tugas

  4. sejarawan says :

    -kebudayaan merupakan hasil cipta,rasa dan karsa manusia. Hasil-hasil kebudayaan disebut sebagai budaya. Kebudayaan universal manusia ada tujuh buah seperti bahasa, ilmu pengetahuan dan teknologi, mata pencaharian, religi, dan lainnya lupa. he..he. kebudayaan sendiri dibagi menjadi kebudayaan materian dan inmateriaal. kebudayaan material seperti bangunan-bangunan, tempat peribadatan, sedangkan kebudayaan inmaterial seperti kepercayaan yang dipercaya oleh manusia. untuk lebih jelasnya bacalah buku Pengantar Antropologi, Kebudayaan dan manusia Indonesia yang dikarang oleh Koentjaraningrat.
    -sistem kepercayaan sendiri di Indonesia ada Animisme dan Dinamisme. Animisme merupakan kepercayaan kepada arwah nenek moyang, sedangakn dinamisme kepercayaan atas benda-benda. Harus dibedakan antara kepercayaan dengan agama,lo!
    -adat istiadat itumeruapakn hasil dari kebudayaan yang berupa kebudayaan inmaterial. kalu ditanya adat istiadat orang negroid, sulit sekali untuk menentukannya. orang negroid belum ditemukan jejaknya bahwa tinggal di Indonesia. seandainay mau menambah informasi Aboeh tengoe bisa membaca sejarah umat manusia karaya dari Arnolg Tonybee
    Terima kasih pertanyaannya.

  5. ikhwan says :

    Uraiannya bagus banget. Sebaiknya dkasih catatan kaki atau keterangan referensi jadi kita kalo pengin mendalami bisa langsung ke sumbernya.
    Kalo boleh tau, domisili dimana neh?

  6. sejarawan says :

    Terima kasih, tapi ketika saya mengeluarkan tulisan ini belum bisa catatan kaki,hehehe.
    Tapi coba lihatlah beberapa tulisan saya yang sudah ada catatan kakinya!
    kalo untuk tulisan diatas kamu bisa lebih mendalami melalui buku dari Koentjaraningrat berjudul manusia dan kebudayaan Indonesia atau buku dari Arnold Tonybee berjudul Sejarah umat manusia.
    aku berdomisili di Yogyakarta, jogja adalah kota pelajar,timbulnyaa beberapa tokoh penting di Indonesia, tapi asliku bukan Jogja,Looo!.aku aslinaya jatim. provinsi terbanyak jumlah penduduknya di Indonesia. Serta ada tiga presiden yang lahir di jatim loo!.
    tapi sekarang jatim kena banjir, terutama Ngawi, bojonegaro, dan lamongan.
    Alhamdulillah, tempatku tidak kena.
    mas sendiri siapa namanya, kuliah/kerja?,n domisili dimana?
    met kenal aja

  7. yusiana says :

    mas tulisannya bagus bgt,enak nih klo bisa diajarin hehe..tapi saya,mau tanya nih mas, perbedaan arus migrasi ras paleomongoloid dengan ras mesomongoloid itu seperti apa ya?mohon bantuannya..trimakasih banyak.

  8. &to says :

    Aku mau tanya, bro. Homo Floresiensis itu spesies baru dari manusia purba atau manusia purba yang terkena suatu penyakit sehingga menjadi katai (cebol). Mana yang benar di antara dua pendapat itu? Thanks sebelumnya.

  9. sejarawan says :

    aku lom tahu tentang manusia jenis itu, namun manusia yang masuk ke indonesia lebih banyak digunakan proto-melayu dengan deutro-melayu.
    bila dilihat dari ras melayu, memang ras melayu bagian dari ras mngoloid.
    bisa saja sebutan itiu sama.

  10. sejarawan says :

    tentang homo floreresiensis merupakan slah satu temuan Prof. Fuad Hassan yang mengemparkan dunia.
    Coba aja liat di laporan penelitian prof Fuad hasan.
    okey,
    karena hal itu perlu penelitian lebih lanjut

  11. aulya says :

    bagus sekali penjelasannya,tapi lebih baik di buatkan jalu-jalur penyebarannya supaya lebih medah di pahami

  12. D3d3 says :

    Di daerah desa cileles,menurut orang tua jaman dulu jembatan yang ada di perkebunan tasari itu buatan belanda.di cileles juga ada makam kadangean,yang menurut sejarah itu adalah makamnya Panditasakti,syekh Abdullrahman,wanagiri.wanalarang,ibu gede siti sunarsih,beliau adalah patilasan prabu siliwangi.

  13. wied says :

    Artikel yang cukup mencerahkan pak. Kalau saya boleh bertanya, apakah sebelum kedatangan bangsa-bangsa tersebut, kepulauan Indonesia ini sudah ada penghuninya atau belum ?

    Soalnya dari uraian di atas, yang bisa saya tarik kesimpulan, bangsa Indonesia saat ini merupakan hasil dari percampuran antara ras-ras tersebut. Tidak ada yang merupakan bangsa asli penghuni kepulauan Nusantara.

    Sedangkan kalau dilihat dari posisi kepulauan Indonesia yang cukup baik untuk mendukung adanya kehidupan, matahari bersinar terus sepanjang tahun, curah hujan cukup untuk bertani,dan yang pasti tidak akan kekurangan sumber makanan bagi kehidupan prasejarah yang mengandalkan perburuan. Suatu hal yang patut dipertanyakan, jika kondisi seperti itu tidak ada penghuninya.

  14. dendy SMA SUMBANGSIH says :

    wah gak lengkap ni gak ada fotonya dan karakteristik nya kurang

  15. kimung says :

    salam kenal teh! sy sgt terbantu dgn uraian genealogi manusia & persebarannya ke Indonesia yg teteh paparkan. sy kopi artikel teteh utk murid2 sy oks! hatur nuhun!

  16. maya says :

    bagus banget ..
    sama kaya yg lg gw pelajarin …
    thanks banget ya …
    nich sngt membantu w ..

  17. ayu says :

    bagus banget lagian gue juga suku ama pelajaran pengsos di sekolah tentang prasejarah ama praaksara ya salah satunya ya ini homo soloensis

  18. Qolby nuuran s says :

    wqes g yangka ada juga y manusia tua nya sepertx itu. kenapa ya fosil adam g bisa di temuka????????????

  19. xara tea nEy.. says :

    Bagus bgt ney..
    Bsa bntuin aku bwt blajar,selain dri buku2..

  20. xara tea nEy.. says :

    Bagus bgt ney..
    Bsa bntuin gw bwt blajar,selain dri buku2..
    Cpe kLo bca bku..

  21. Ariv says :

    Ada ulasan moyang indonesia secara genetik nggak? Soalnya ada bilang kalo orang indonesia ras melayu adl campuran dari ras mongoloid, kaukasoid (indo arya), dan melanosoid

  22. magenta says :

    tlg duung jelasinn perbedaan proses migrasi ras bangsa peleo mongoloid nda Neo mongoloid..

    oke. .

    thx. .

  23. caca says :

    woi?mana gambarnya orang ditanyak gambar manusia purba malah gambar suekarno emang suekarno manusia purba engga nyambung!

  24. cantik says :

    eh. . . . mana gambar fosilnya kox ga kliatan mlh gmbr tanya yuka man lagi wallpaper gla bizzz ga zihhh

  25. Dede cileles says :

    Kalau kata sayah mah yang paling tua itu yang pertama hidup di alam dunia

  26. tnsecret says :

    saya copypaste artikel ini untuk tugas sejarah yaa ..
    matur nuwun ,,,

  27. david says :

    bagaimana peta penyebaran kapak lonjong dan kapak persegi pak , tolong ya pak karena ada tugas dari guru

  28. Mira says :

    oke juga, tap tlg dong peta migrasi ras bangsa paleo mongoloid and neo mongoloid beserta ciri-ciriny plizz tx

  29. icha says :

    woyy ga jelas lo semuaa!! ga penting apa yang didiskusiin!!! perbedaan paleo dan neo mogoloidnya manaaaa? sinting lo semua

  30. made darwi says :

    bagus sekali bisa tambah pengetahuan ku tapi saya ingin tanya nih siapa manusia tertua di Indonesia kirim beritanya yaaa

  31. nain says :

    Goooooooodddd!!!! Sukses ya…. N salam kenal,,,

  32. mitthaa says :

    peta persebaran ras paleomongoloid n neomongoloid mnaa ??

  33. ARBY says :

    thanks dah bntu Q ngerjain PR Yg super duper sulit!

  34. mietha says :

    secara rincinya bangsa paleomongoloid n’ neomongoloid ittu ppa sieh ??
    yg laenn nya kok pda krang nyambung ..
    thx b4

  35. ria says :

    exhm. . . gambar peta penyebaran kapak persegi ama lonjong.nx mNah? ? ?soal.nx da tugas neyh. . . .

  36. chya says :

    hey , mau tanya ni . kalo bedanya neo mongoloid sama paleo mongoloid apa ya ?
    gue ada tugas ngejelasin perbedaan 2 ras itu , tolong bantu dong !
    makasi

  37. Eko says :

    Terima kasih atas infonya…

  38. Kazama says :

    domo Arigato gozaimasu sudah membantu saya mengerjakan homework yang Sulit!..^^

  39. sweet girl says :

    thx bgt bt infonya, aq ad tgs dr mana ras homo sapiens, homo erectus, homo soloensis, dll berasal sebelum menyebar k negara2 laen??? once again, thx very much..

  40. thing_zun says :

    apanya gw nyarideutro melayu ni apanya….???????

    ada gak deutro melayu abizz pusinkk banget nih!!!!!!

  41. bapil says :

    trims atas infonya, aku jadi bisa nyelesaikan pr nih. Sekalian mau numpang tanya, kenapa kok ada perbedaan ras, toh sama – sama manusia juga? Trims yaw…

  42. hani says :

    Kok gak ada PETA PERKIRAAN RUTE PENYEBARAN MANUSIA PURBA KE INDONESIA?

  43. hani says :

    Saya tunggu jawabannya

  44. ardy says :

    mas, ras2 di dunia peninggalannya apa sihh??

  45. willa says :

    waw bagus bgd ya artikelnya, lengkap..
    tapi sayang peta jalur penyebaran kapak persegi sama kapak lonjongnya nggak ada. nggak bisa di upload yaa pak?.. sayang bgd padahal itu yang lagi saya butuhin bgd..
    tapi dah bagus koq pak, thx bgd yaa ini udah bnyak ngebantu bikin tugas saya

  46. deeon says :

    Salam Kenal,

    Terima kasih atas sharingnya, bisa menambah wawasan, mengapa penduduk Indonesia itu sangat beraneka ragam.

    Saya hanya sering mendengar cerita kalau nenek moyang kita itu berasal dari China Selatan (Yunan).

    Gideon
    Keturunan Proto Melayu/Toraja

  47. deeon says :

    Dear All,

    Baru-baru ini beberapa ahli genetika Asia, mengumumkan bahwa arah penyebaran manusia itu dimulai dari Afrika, kemudian ke Asia Tenggara, trus ke Asia Timur, termasuk china di dalamnya.
    Apakah bisa dikomentari?

    Sekian n terima kasih.

    Gideon

  48. Billy says :

    sangat bagus. saya tertarik,tapi boleh usul kalo boleh ditambahkan peta persebaran manusia purba di indonesia.makasih ……….tapi saya suka dengan artikel anda

  49. yulia_blitar says :

    asWaBa……………!
    makAsih zaw Dah baNtu q………
    kpan2 lbih dlngkApi zaw……………!

  50. yomi hermanto says :

    kok gught da peta.a???

  51. Arie says :

    q nga ngrti yg nmax ras Mongoloid,…..?
    tlng djlaskan,…..????

  52. awoy says :

    koencaraningrat ngomong penyebaran dari timur ke barat ? wah wah memutar balik sejarah dia itu ! asal ngomong ! dari jawa nyebar ke sumatra trus ke ke malaya, muangthai dan vietnam ? wahaha .. mabuk !! dangkal !!! trus ke seluruh dunia ya ? ntar jangan2 dia menyimpulkan adam dan hawa dari jawa ? wahaha tambah mabuk ! koencara .. koencara ..

  53. gatot nano suyatno says :

    mana yang lebih tua yha wajakensis atau sangiran soalnya setiap saya pandangi situs wajak ensis ditemukan 1813 tulisan belanda adanya di desa gamping kecamatan campurdarat tulungagung sayang tidak terurus dan terlupakan

  54. joni says :

    bisa beri contoh masalah persebaran penduduk di i donesia gak….

    ???????/

  55. Shanaz behuku says :

    Thankyou untuk informasinya……

    tolong donk tampilkan peta persebaran manusia purba di indonesia……

  56. Zandy says :

    pembohongan sejarah..
    nenek, kakek moyang bangsa asia tu dr Indonesia.
    tanah subur, iklim brsahabat.
    stlh meletus gunung toba, gunung bromo purba n krakatau purba dlm wktu yg brdekatan dan memisahkn p. sumatra dr Asia, jawa, kalimantan dll.
    maka manusia brmigrasi mngungsi k daerah daratan china n india.
    buktiny di pulau2 indonesia byk dtemukan fosil manusia purba.
    jd dr jutaan tahun yg lalu sdh dihuni manusia.

  57. linda maya sari says :

    kurang lengkap,
    proses migrasi paleomongoloid(proto melayu) dan neomongoloid(deutro melayu) tolong di jelasin ya.

  58. Edi Vixi Rider says :

    he he he .. makin mabuk nih orang …
    pithecanthropus itu mah bukan manusia, tapi binatang … masak orang jawa mau dibilang kayak binatang ….?? kalo homo soloensis, ato wajakensis semua mah lebih mendekati ama orang papua dan ambon lho … emang bangsa kulit hitam dulunya adalah bangsa nomaden, dan sudah ada ratusan ribu tahun lalu dan menyebar di hampir seluruh kawasan asia pasifik hingga ke daratan australia …

    orang jawa mah muda banget, cucu cicit dari bangsa proto malayan, cuma kebetulan migrasinya ke pulau jawa yang sebelumnya mang udah ditempati oleh beberapa bangsa proto malayan seperti suku sasak, toraja, wajo yang melakukan perjalanan antar pulau … Sekitar tahun 100 – 200 an Masehi baru suku Jawa nongol di muka bumi indonesia ini, itupun udah terjadi kawin silang dari suku2 tertua lainnya seperti suku2 dari sumatra, nusa tenggara, kalimantan, sulawesi .. yang menyebrang ke pulau jawa … ditambah lagi hasil kawin campur dengan bangsa india dan pedagang2 arab … dan jadilah suku jawa yang kebetulan cepat banget bikin anak … gitu lho … simple aja kok … kok nafsir yang nggak2 …. buka aja tuh mbah google cari ndiri deh dari situs2 yang lebih terpercaya ,,, biar nggak kena hoax kaya beginian .. bangsa kita udah bego jangan mau dibegoin terus ama orang bego yang ngaku pintar kaya beginian ….. hehehehe
    ada tuh gw liat komen diata, bagus juga kritiknya … jangan2 ntar dianggapnya adam dan hawa berasal dari jawa lagi … ??? ha ha ha …. mabooook !!!

    • fauz says :

      mas edi banyak benernya juga tapi saya mau tanya sama mas edi… sumbernya orang jawa muncul tahun 100 masehi dari mana?trus apa bukti bahwa orang jawa itu hasil perkawinan orang arab dengan pribumi toraja atau wajo? ap buktinya orang arab n india sudah berdagang ke indonesia pada tahun 100 masehi?trus yang saya tau tuh kalo kita nyari sumber di google tulisannya bisa siapa aja yang nulis dan tulisan-tulisannya itu satu sumber dengan sumber lain kadang sangat berbeda ketika menulis satu permasalahan yang sama… dan menurut mas edi sumber yang dapat dipercaya itu karakteristiknya seperti apa? terima kasih….

  59. Neea Scary People says :

    Thanks, membantu saya…. :)

  60. ali says :

    kok, nggak ada gambar peta dimana ditemukannya manusia purba

  61. stevani rotty says :

    koq gambarnya gak ada?? :(

  62. wilvinvin says :

    susah bngt nih cri ras negroid itu
    everyone can hel me ???

  63. warnita sari says :

    gimana sih cara membuat blog dengan wordpress?
    saya hanya bisa membuat blog dengan blogger saja
    contoh: http://www.kikiadjaberbagi.blogspot.com
    tolong ajarin sih…..please……..

  64. aszkap.. says :

    wahhh untung ada makacih nie ye…@???

  65. david ruslim says :

    Saya ingin tahu suku tertua di indonesia itu sebenarnya suku apa ?
    Apa benar suku jawa (orang jawa ) yang tertua di indonesia .

    • sejarawan says :

      bukan….suku2 tertua di Indonesi bila menurut teori deutero melayu adalah suku dayak, kubu, anak dalam, mentawai.
      Orang-orang Papua juga bisa di anggap suku tertua karen aberasal dari gugusan pulau polinesia

  66. widi says :

    waaaah makasih ya ..sangat membantu ngrjain PR..mau tanya ni…gimana sih kehidupan ekonomi manusia pendukung kebudayaan sampung ponorogo.?

    makasih ya…mohon bantuannya

  67. Negeri Saktiartha says :

    Tolong tambahkan suku kerinci masuk Keturunan MANA???

  68. tsenju says :

    aq masih menganggap kalau suku jawa adalah suku tertua karna kita lihat dari adat budaya dan tulisan.
    aq jg gk spendpat kalau suku jawa perpaduan dari suku toraja sama wajo.
    karena dua suku tu kbudayaanny baik tlisan maupun adat berbeda jauh dari orang jawa.
    aq prnah baca d goole kalau org jawa ktrunan nabi adam yg k empat.
    cucu dari syith anak nabi adam yg nmor 3.

  69. King says :

    Kalau dilihat dari penelitian bahwa, kehidupan/awal peradaban di pulau jawa itu dari Barat Pulau Jawa ke timur Pulau Jawa.
    Suku Jawa itu keturunan bangsa India Selatan(Suku Tamil)

    Keturunan India = Suku Jawa, Suku Madura, Suku Bali, Suku Batak.

    Tidak ada yang namanya Suku/Bangsa Betawi, karena betawi itu percampuran/perkawinan silang antar suku.

    Sunda itu bukan suku, tapi sunda itu nama Bangsa… Baduy itu masih orang sunda juga. arti kata baduy adalah “orang dalam”

    Menurut Serat Maha Parwa, penduduk Jawa berasal dari Hindustan (India) dan Siam (India) yang sebelumnya singgah di Nusa Kencana (Kalimantan).

  70. franc says :

    maaf…maaf…maaf…. sepertinya risalah diatas tidak mencerminkan suku negroid yang sebenarnya…karena ras melanesia meruapakan suku bangsa yang mempunyai karakter individu yang sangat berbeda dengan ras melayu…
    buktinya ras negroid mempunyai insting individu yang lebih dibanding ras melayu yang lebih mengandalkan insting kelompok..jd menurut saya ras negroid merupakan ras yang lebih primitif karena insting naluriah terhadap alam lebih dibanding ras-ras melayu lainnya… sebaiknya anda coba membandingding dari cara hidup ras – ras primitif

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: